Masyarakat Pesisir Selatan diajak lakukan penyemprotan disinfektan mandiri, begini caranya

id penyemprotan disinfektan ,cegah corona,pesisir selatan

Masyarakat Pesisir Selatan diajak lakukan penyemprotan disinfektan mandiri, begini caranya

Penyemprotan cairan disinfektan di Kecamatan Silaut. (ANTARA / Didi Someldi Putra)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengajak masyarakat agar melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri di rumahnya masing-masing mengantisipasi wabah virus Corona jenis baru atau COVID-19.

"Penyemprotan disinfektan lebih efektif dilakukan secara mandiri," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan setempat, Kadriadi di Painan, Jumat.

Ia menyebut cairan disinfektan bisa dibuat dengan memanfaatkan bahan seperti pembersih lantai dan pemutih pakaian dengan takaran masing-masing dua sendok lalu dicampur ke lima liter air.

Agar tercampur merata cairan diaduk dan selanjutnya disemprotkan di rumah masing-masing menggunakan semprot tangan atau peralatan sejenis.

Sebelumnya terkait upaya meminimalkan paparan virus Corona, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni juga menerbitkan instruksi pada Kamis 19 Maret 2020 dengan nomor 420/518/DPK/Sekretariat.01/2020.

Pada instruksi itu ditekankan lima poin mulai dari mengalihkan kegiatan belajar mengajar ke rumah masing-masing dan selama kegiatan tenaga pendidik mesti memberikan tugas.

Selama belajar di rumah, siswa dilarang beraktifitas di luar rumah atau berkumpul di tempat umum dan keramaian.

Diharapkan kepada orang tua agar mendampingi anaknya selama kegiatan belajar di rumah.

Kepada peserta didik yang kedapatan berada di fasilitas umum tanpa didampingi orang tua akan ditindak oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).