Pesisir Selatan laksanakan sejumlah kegiatan cegah corona

id Hendrajoni

Pesisir Selatan laksanakan sejumlah kegiatan cegah corona

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai meresmikan gedung rawat jalan Puskesmas Balaiselasa di Kecamatan Ranah Pesisir. (ANTARA / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat melaksanakan sejumlah kegiatan dalam upaya mencegah mewabahnya virus corona atau Covid-19/nCov di daerah setempat.

"Sesuai arahan dari Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni sejumlah langkah pencegahan telah dilaksanakan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi di Painan, Minggu.

Yang pertama, kata dia Dinas Kesehatan setempat telah membentuk tim penanggulangan bencana, wabah dan KLB.

Selanjutnya Dinas Kesehatan juga telah menyampaikan edaran kepada seluruh pusat kesehatan pembantu, pusat kesehatan nagari, puskesmas, RSUD Tapan, RSUD M Zein dan RSU BKM tentang kewaspadaan dini tentang virus Corona.

Berikutnya Dinas Kesehatan telah menerbitkan Surat Edaran Bupati Nomor 800.146/DINKES-PS/I/2020 tentang Kesiapsiagaan Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat Novel Corona Virus (nCov) di daerah setempat.

"Bupati pada beberapa kesempatan juga telah menginstruksikan puskesmas untuk aktif memberi penyuluhan tentang pencegahan penyakit ini, dan mengingatkan masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat, jangan cepat panik," kata dia.

Seterusnya jika merasa sakit sesegeranya ke sarana kesehatan terdekat untuk memeriksakan kesehatannya, memakai masker terutama untuk yang sakit, bila batuk tutup mulut bisa pakai saputangan atau tangan.

Sementara untuk penyemprotan dengan desinfektan sampai saat ini, pemkab masih menunggu instruksi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.(*)

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar