Baru terbang 10 menit dihadang cuaca buruk, Helikopter Wagub Sumbar gagal capai lokasi bencana di Pasaman

id bencana pasaman,longsor pasaman,banjir pasaman,helikopter wagub sumbar nyaris celaka

Baru terbang 10 menit dihadang cuaca buruk, Helikopter Wagub Sumbar gagal capai lokasi bencana di Pasaman

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyerahkan bantuan untuk bencana di Pasaman. (ANTARA/Ist)

Padang, (ANTARA) - Cuaca buruk dan angin kencang menyebabkan helikopter yang ditumpangi Wakil Gubernur Sumatera BaratNasrul Abit tidak bisa mencapai lokasi bencana longsor di Kabupaten Pasaman.

"Kami sudah mengudara sekitar sepuluh menit, namun saat akan melewati perbukitan, cuaca buruk dan angin kencang sehingga pilot memutuskan untuk kembali ke Lubuk Sikaping," kata Wagub Sumbar saat dihubungi dari Padang, Jumat.

Meski tidak bisa mencapai lokasi bencana di Kecamatan Mapattunggul Selatan tersebut, tetapi ia tetap menyerahkan sejumlah bantuan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman.

Bantuan itu, katanya, antara lain dana siap pakai penanganan darurat bencana banjir dan longsor dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp250 juta. Kemudian bantuan dari Badan Penanggulangan Pemerintah Daerah (BPBD) Sumbar sebesar Rp75 juta.

"Anggaran ini silahkan digunakan untuk kegiatan tanggap darurat untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak, termasuk untuk lahan pertanian yang terdampak," katanya.

Ia menyebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitnojuga direncanakan akan meninjau langsung kondisi daerah yang terdampak bencana tersebut.

Sebelumnya banjir bandang disertai longsor terjadi di Nagari Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapattunggul, Kabupaten Pasaman, pada Sabtu (15/2) sore.

Kepala Pelaksana BPBD SumbarErman Rahman mengatakan longsor itu mengakibatkan lima orang menjadi korban. Tiga korban luka-luka dan dua meninggal dunia.

Korban meninggal adalah Minas (46) dan Fatimah (49), sedangkan korban luka adalah Uzi (18), Anton (33) dan Harapan (43). (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar