Gubernur ajak masyarakat Sumbar peduli kanker

id Berita Padang

Gubernur ajak masyarakat Sumbar peduli kanker

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (kanan) saat menghadiri acara peringatan Hari Kanker Sedunia di Jalan Khatib Sulaiman (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengajak masyarakat peduli dan menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari ancaman penyakit kanker.

"Kanker merupakan jenis penyakit pembunuh nomor satu dan menyebabkan kematian bagi kita semuanya," kata dia, di Padang, Minggu.

Hal itu disampaikan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia tingkat Provinsi Sumbar yang digelar saat Car Free Day (CFD) di Jalan Khatib Sulaiman, Padang.

Tidak hanya itu, ia juga mengimbau masyarakat supaya menerapkan pola hidup sehat yaitu menjaga pola makan yang teratur, istirahat cukup, diet seimbang, dan rajin berolah raga.

Ia juga mengajak masyarakat untuk terus waspada dan selalu menjaga kesehatan karena penyakit kanker tersebut dapat menyerang tiba-tiba.

Menurutnya upaya pengenalan dini terhadap penyakit kanker perlu diajarkan secara intens kepada masyarakat. Hal itu bertujuan untuk pencegahan dan meminimalkan jumlah kematian akibat kanker di Sumbar.

"90 persen penyakit kanker disebabkan oleh faktor lingkungan. Bukan karena penyakit bawaan dan faktor keturunan,"kata dia.

Faktor lingkungan tersebut berupa pola hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak teratur, dan asap rokok, kata dia.

"Pola makanan yang tidak sehat seperti mengandung bahan pengawet dan zat kimia," kata dia.

Menurut dia makanan yang mengandung bahan pengawet berupa makanan cepat saji lebih sering dikonsumsi generasi muda. Untuk itu ia mengimbau agar menghindari pola makan yang tidak sehat tersebut.

"Salah satu cara meminimalkan risiko kanker terhadap generasi muda ialah melakukan penyuluhan bahaya kanker dan sosialisasi pola hidup sehat," katanya.