Banjir di Ranah Batahan mulai surut, warga tetap waspada

id Pasaman Barat,banjir,padang, berita sumbar

Banjir di Ranah Batahan mulai surut, warga tetap waspada

Banjir di Ranah Batahan Pasaman Barat berangsur surut namun warga dihimbau tetap waspada karena cuaca ekstrim, Sabtu (8/2). (ANTARA/ Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Banjir di Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) berangsur mulai surut, Sabtu (8/2) siang.

"Air sudah surut dan warga sudah mulai membersihkan rumahnya dari material banjir," kata Camat Ranah Batahan Pasaman Barat, Syahwirman, Sabtu siang.

Ia mengatakan meskipun air sudah surut, namun warga diminta tetap waspada karena cuaca sudah kembali gelap tanda-tanda akan hujan.

"Saat ini cuaca ekstrim dan masih gelap. Warga harus tetap waspada dengan banjir susulan," kata dia.

Menurutnya daearah Ranah Batahan merupakan daerah rawan bencana karena dilewati sungai besar dan setiap hujan lebat air dengan begitu mudahnya meluap hingga kerumah warga.

Ia menjelaskan banjir yang terjadi Ranah Batahan akibat luapan tiga sungai pada Sabtu (8/2) dinihari yakni Sungai Batang Taming yang merendam sekitar 150 unit rumah warga.

Luapan Sungai Batang Batahan yang merendam 20 unit rumah dan luapan Sungai Batang Laping Jorong Sukorejo Kampung Dalam dan Sawahan yang merendam 35 unit rumah.

"Untuk kerusakan rumah dan korban tidak ditemukan. Selain merendam rumah warga, sejumlah sekolah juga ikut terdampak dan siswa terpaksa diliburkan hari ini," kata dia.