Alat berat dikerahkan bersihkan material longsor di Agam

id longsor agam,berita agam,agam terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Alat berat dikerahkan bersihkan material longsor di Agam

Alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Agam membersihkan material tanah longsor di Sungai Landia, Kecamatan Ampekkoto, Jumat (20/12). (Dok BPBD)

Lubukbasung, (ANTARA) - Satu unit alat berat jenis Backhoe Loader dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan provinsi di Baruah, Nagari Sungai Landia, Kecamatan Ampekkoto, Kabupaten Agam, Jumat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Jumat, mengatakan material dengan panjang tujuh meter dan tinggi tiga meter itu sedang dibersihkan dengan alat berat milik Dinas Pekerjaan dan Tata Ruang Agam.

"Material sedang dibersihkan dan arus lalu lintas dari Lubukbasung menuju Bukittinggi sudah bisa dilewati kendaraan dengan sistem buka tutup," katanya.

Setelah material longsor di Baruah selesai dibershkan, tambahnya, alat berat itu bakal dipindahan ke lokasi lain.

Pembersihan material itu juga melibatkan anggota Satpol-PP Damkar, Polri, TNI dan lainnya.

BPBD setempat telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sumbar agar menurunkan alat berat.

Namun alat berat sedang membersihkan material tanah longsor di kabupaten dan kota lain.

"Kita mengusahakan material tanah longsor bisa dibersihkan hari ini," katanya.

Curah hujan cukup tinggi yang melanda daerah itu pada Kamis (19/12), mengakibatkan bencana tanah longsor, banjir dan jalan amblas di Kecamatan Baso, Ampekkoto, Tanjungraya, Tilatangkamang, Canduang dan Palupuh.

Saat ini anggota Pusdalop masih melakuka pendataan bencana alam di enam kecamatan dan kecamatan lain.

"Kita juga sedang mendata total kerugian akibat kejadian itu," katanya. (*)