Final, pembukaan Penas KTNA XVI di Padang Pariaman, penutupan di Padang

id Penas tani,teknologi pertanian, padang batal,Penas KTNA XVI,berita padang,berita padang pariaman

Final, pembukaan Penas KTNA XVI di Padang Pariaman, penutupan di Padang

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meninjau lahan Penas Tani di Padang Pariaman. (ANTARA/ist)

Padang, (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memastikan acara pembukaan Pekan Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA) XVI dilaksanakan di Padang Pariaman dan penutupan di Kota Padang.

"Sudah final. Sekarang kita fokus untuk persiapan agar perhelatan ini sukses terlaksana," katanya di Padang, Jumat.

Sebelumnya acara Penas Tani tersebut rencananya difokuskan di Kota Padang dari pembukaan hingga penutupan. Namun dalam prosesnya, tim dari pusat menilai daerah itu kurang siap untuk beberapa kegiatan inti dan menggeser pelaksanaan ke Padang Pariaman.

Acara yang digeser diantaranya pembukaan, gelar teknologi dan pameran. Sementara acara diskusi dan seminar dalam ruangan tetap digelar di Padang.

Sementara itu untuk penginapan peserta yang diperkirakan akan berjumlah 60 ribu orang dari perwakilan 500 kota dan kabupaten dari 34 provinsi di Indonesia tetap memanfaatkan rumah penduduk di Padang dan Padang Pariaman.

Irwan menyebut untuk lokasi di Padang Pariaman sudah disiapkan seluas 30 hektare. Pembersihan dan pengurukan sedang dilakukan, demikian juga untuk jalan dan lokasi pembukaan.

Diharapkan dalamenam bulan ke depan, semua sudah selesai dan siap untuk digunakan karena sukses sebagai tuan rumah acara nasional adalah harga diri bagi Sumbar.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sumbar Candra mengatakan persiapan sudah berjalan sesuai rencana

Beberapa kegiatan menarik yang akan digelar, di antaranya pameran alsintan, gelar teknologi area basah, gelar teknologi swasta, gelar teknologi dan expo peternakan, gelar teknologi tanam buah, teknologi dan expo hortikultura, gelar teknologi palawija, gelar teknologi dan expoperikanan.

Petani dan peternak di Sumbar akan mendapatkan ilmu luar biasa selama Penas Tani berlangsung yang diharapkan bisa diaplikasikan di lahan sendiri.

Kesempatan itu juga menjadi ajang unjuk keunggulan pertanian di Sumbar.

Penas Tani tersebut rencananya akan digelar 20-25 Juni 2020. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar