Bupati Solok serahkan bantuan 177 alsintan untuk kelompok tani

id Bupati Solok, serahkan 177, bantuan alsintan, untuk, kelompok tani

Bupati Solok serahkan bantuan 177 alsintan untuk kelompok tani

Bupati Solok Epyardi Asda saat melakukan Penyerahan bantuan Alsintan untuk Kelompok Tani di Kabupaten Solok secara simbolis (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda menyerahkan bantuan 177 alat mesin pertanian (alsintan) untuk membantu kelompok tani di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) dalam mengolah lahan.

"Saya bersama Solok Super Team melakukan penyerahan bantuan alsintan untuk kelompok tani sesuai dengan hasil Rakorbang dan kunjungan kerja saya ke nagari-nagari," kata Epyradi di Solok, Kamis.

Walaupun saat ini bantuan tersebut belum mengakomodir seluruh kebutuhan kelompok tani, kata dia, namun pada tahun 2024 akan diserahkan lebih banyak lagi bantuan- petani di Kabupaten Solok.

Ia berharap bantuan tersebut memberikan manfaat bagi para kelompok tani dalam menjalankan usaha pertanian mereka.

"Kami berharap bantuan alsintan ini bisa menumbuhkan semangat bagi petani di Kabupaten Solok,” ucap Epyardi Asda.

Ia menekankan Pemkab Solok akan terus memberikan dukungan terhadap pengembangan pertanian di daerah itu dengan memberikan bantuan alsintan sesuai yang dibutuhkan petani.

“Alsintan itu harus dirawat agar penggunaannya lebih awet. Kami meminta camat dan wali nagari (kepala desa) untuk mengkoordinir petani kita agar alsintan itu perawatannya terjaga,” katanya.

Bantuan alsintan tersebut diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Solok yang terdiri atas 68 kultivator, 55 traktor roda dua, 13 pompa air, 14 sprayer, 14 pemotong rumput, 10 hidrotiller , dan tiga chopper.

"Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat, khususnya kelompok tani," ucap Epyardi Asda.