Wisman ingin tukar mata uang di Mentawai, datang saja ke Bank Nagari Taupeijat

id Bank Nagari

Wisman ingin tukar mata uang di Mentawai, datang saja ke Bank Nagari Taupeijat

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet didampingi Direktur Keuangan Bank Nagari M.Irsyad resmikanan layanan money changer di kantor Bank Nagari Tuapeijat. (Istimewa)

Padang (ANTARA) - Wisatawan manca negara maupun pihak gaet serta masyarakat sudah bisa melakukan penukaran mata uang asing di Bank Nagari Tuapeijat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Hal ini pasca diresmikan layanan money changer oleh Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet disaksikan Direktur Keuangan Bank Nagari M. Irsyad pada 17 Desember 2019.

Kepala Cabang Bank Nagari Tuapeijat Afrizon ketika dikonfirmasi, Rabu, mengatakan, pihak sudah melayani pertukaran uang asing di Mentawai.

Dengan diresmikan layanan money changer oleh Bupati Mentawai dan Dirkeu Bank Nagari, serta disaksikan Deputi Bank Indonesia (BI) Irwan Zubir, maka memudahkan masyarakat.

Sebab, selama ini bagi masyarakat seperti gaet atau pemandu wisata asing kesulitan dalam penukaran mata uang asing ke rupiah khusus turis berwisata ke Mentawai.

Apalagi, rombongan wisatawan asing tidak dalam bentuk paket perjalanan, tentu terkendala kalau ingin bertransaksi.

Namun, sebaliknya bagi yang wisman datang dalam bentuk paket perjalanan, jelas tau beres semuanya mereka dari biro perjalanan wisata.

"Inilah kemudahan hadirnya layanan money changer dan dapat juga terdekteksi perputaran uang bersumber dari wisman atau turis," tambahnya.

Bank Indonesia turut ikut mendorong Bank Nagari agar menghadirkan layanan money cangher di Mentawai.

Sebelumnya Direktur Keuangan Bank Nagari, M. Irsyad menyampaikan, hadir money changer di Tuapejat, ada tujuh mata uang yang dapat ditukar di Bank Nagari Mentawai.

Mulai dari dolar Autralia, dolar Amerika, dolar Singapura, Euro, Yen dan Ringgit Malaysia serta Riyal.

Irsyad mengatakan, ke depan untuk pengembangan akan dibuka loket money changer di Siberut dan Sikabaluan.

Jadi, tambahnya, hadirnya loket money changer yang resmi sehingga konsumen atau masyarakat dapat menukar uang dengan harga sesuai.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar