EWS dan repeater bantuan BPBD Sumbar akan dipasang di Pasia Tiku Agam

id BPBD Agam ,EWS,berita agam,berita sumbar,sumbar terkini

EWS dan repeater bantuan BPBD Sumbar akan dipasang di Pasia Tiku Agam

Tim teknis BPBD Kabupaten Agam masang EWS di Pasia Tiku, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjungmutiara, Senin (16/12). (Dok BPBD Agam)

Lubukbasung, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat memperoleh bantuan satu unit Early Warning System (EWS) dan repeater dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi setempat yang akan dipasang di Pasia Tiku, Kecamatan Tanjungmutiara.

Kepala BPBD Agam, Muhammad Lutfi Ar didampingi Kasi Pencegahan Bencana BPBD Agam, Carli Agus Windra di Lubukbasung, Selasa mengatakan, EWS dan repeater itu telah dipasang di Tempat Pelelangan Ikan dan gedung perikanan di Pasia Tiku, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjungmutiara, Senin (16/12).

"Untuk pemasangan dua alat itu langsung dilakukan oleh tim teknis," katanya.

Bantuan ini berasal dari dana pokok pikiran anggota DPRD Sumbar yang dikelola oleh BPBD Sumbar.

Keberadaan EWS itu untuk mendeteksi berbagai gejala alam yang kemungkinan dapat menyebabkan bencana tsunami.

Selain itu memberikan peringatan dini kepada masyarakat sehingga jumlah korban jiwa dapat diminimalkan.

Sementara repeater berfungsi untuk memperkuat jangkauan sinyal yang akan diterima EWS yang akan dipasang di wilayah Agam dan Pasaman Barat.

"Pasia Tiku berdekatan dengan Pasaman Barat, sehingga sinyal yang akan diterima EWS di Pasaman Barat akan bagus," katanya.

Ia menambahkan, sepanjang garis Pantai Tiku, Kecamatan Tanjungmutiara telah dipasang 10 unit EWS.

Dari 10 unit EWS itu, satu unit milik BMKG yang dipasang di halaman kantor Camat Tanjungmutiara, delapan unit bantuan BNPB pusat dan satu unit bantuan BPBD Sumbar.

"EWS itu dalam kondisi baik dan kita setiap bulan melakukan pemeriksaan ke lapangan. Apabila rusak, langsung kita perbaiki," katanya. (*)