Bawaslu Pariaman raih peringkat I anugerah keterbukaan informasi tingkat Sumbar

id Bawaslu Pariaman ,Komisi Informasi Sumbar,Keterbukaan Informasi

Bawaslu Pariaman raih peringkat I anugerah keterbukaan informasi tingkat Sumbar

Tiga komisioner Bawaslu Kota Pariaman, Sumbar serta sekretaris lembaga itu berfoto bersama usai menerima penghargaan sebagai terbaik 1 keterbukaan informasi kategori Bawaslu kabupaten dan kota di Sumbar, di Padang, Jumat. (Antara Sumbar/istimewa)

Pariaman (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman meraih peringkat 1 anugerah keterbukaan informasi kategori Bawaslu kabupaten dan kota di Sumatera Barat (Sumbar) yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi provinsi setempat.

"Alhamdulillah, Bawaslu Kota Pariaman menjadi yang terbaik dalam keterbukaan informasi untuk kategori Bawaslu kabupaten dan kota di Sumbar," kata Ketua Bawaslu Pariaman Riswan di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan pencapaian tersebut merupakan kerja sama tim Bawaslu Pariaman untuk menyampaikan informasi terkait pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yang dibutuhkan masyarakat.

Ia menyampaikan pihaknya pun akan terus terbuka terhadap informasi yang dibutuhkan masyarakat demi terwujudnya Bawaslu yang terbuka dan terpercaya.

Pada anugerah yang diselenggarakan siang kemarin di Padang tersebut juga diumumkan terbaik II yang diraih Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman serta terbaik III diraih Bawaslu Kota Solok.

Pihaknya menyebutkan sejumlah indikator dalam penilaian sehingga ditetapkan sebagai lembaga informatif yaitu kuesioner keterbukaan informasi publik, informasi yg disajikan di website, serta visitasi oleh tim ke masing-masing Bawaslu kabupaten dan kota di Sumbar untuk memastikan validasi data dan ketersediaan data yg disajikan.

Selanjutnya kerja sama dengan media, ketersediaan ruang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang representatif serta aktif di media sosial.

Sekretaris Bawaslu Pariaman Riky Falantino mengatakan keterbukaan informasi penting guna meningkatkan kepercayaan publik.

"Apa yang kami kerjakan menjadi sia-sia jika tidak diinformasikan dan penghargaan ini menjadi penambah motivasi kami," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya akan lebih aktif menginformasikan hasil kerja Bawaslu Kota Pariaman ke publik khususnya dalam menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020.