Pariaman belajar pengembangan Kominfo ke Pemkot Dumai

id Dinas Kominfo Pariaman

Pariaman belajar pengembangan Kominfo ke Pemkot Dumai

Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Sumbar Hendri (kiri) menyerahkan cendramata yaitu miniatur tabuik kepada Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Kota Dumai, Riau M. Fauzan saat studi tiru ke kota itu, Senin. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Dinas Kominfo Kota Pariaman, Sumatera Barat mempelajari cara mengembangkan komunikasi dan informatika (Kominfo) ke Pemkot Dumai, Provinsi Riau.

"Kota Dumai dipilih karena menurut kami pengelolaan Kominfo di sini selangkah lebih maju dari pada Pariaman," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman Hendri saat studi tiru ke Kota Dumai, Senin.

Menurutnya karena sedikitnya perbedaan tersebut maka pihaknya dapat dengan mudah menerapkan aplikasi dan program yang ada di Dumai dengan cepat ke Pariaman.

Apalagi saat ini Dinas Kominfo Kota Dumai telah memiliki empat bidang dengan tipe A sedangkan Diskominfo Pariaman masih memiliki dua bidang dengan tipe C.

"Rencananya tahun depan jumlah bidang di Diskominfo Pariaman menjadi tiga, sehingga menjadi tipe B," katanya.

Adapun jumlah bidang yang ada di Diskominfo Pariaman yaitu e-goverment serta Informasi dan Komunikasi Publik yang rencananya tahun depan ditambahkan dengan Bidang Statistik dan Persandian.

Ia mengatakan pihaknya menyadari banyak daerah lainnya yang pengelolaan Kominfo-nya lebih baik dari pada Kota Dumai namun untuk mencapainya akan sulit karena keterbatasan anggaran.

"Bandung dan Surabaya itu sudah lebih baik tapi mencapainya lebih sulit," ujarnya.

Ia menyampaikan studi tiru tersebut tidak saja untuk belajar tentang Kominfo namun juga mempromosikan pariwisata yang ada Pariaman baik wisata bahari maupun budaya.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Kota Dumai M. Fauzan mengatakan pihaknya memiliki sejumlah aplikasi dan program untuk mempermudah pelayanan publik yang bekerjasama dengan sejumlah pihak.

Ia menyebutkan adapun aplikasi dan program tersebut yaitu di antaranya kamera pengintai yang dipasang di sejumlah tempat strategis yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dan dinas perhubungan, surat elektronik, serta aplikasi lainnya.

"Dan kami sekarang sedang mengembangkan aplikasi pemantau kebakaran lahan karena lahan di sini mudah terbakar," ujar dia.

Ia mengatakan pihaknya siap membantu Kota Pariaman untuk mengembangkan aplikasi yang dimiliki.

Pihaknya pun akan belajar dengan Kota Pariaman terkait kerja sama dengan media untuk penyebaran informasi kepada masyarakat. (*)