Darma Ira Putra kembali terpilih sebagai Wali Nagari Lubukbasung Kabupaten Agam

id Pemilihan Wali Nagari Lubukbasung,agam,sumatera Barat,berita agam,berita sumbar,sumbar terkini

Darma Ira Putra kembali terpilih sebagai Wali Nagari Lubukbasung Kabupaten Agam

Calon Wali Nagari Lubukbasung, Kabupaten Agam menandatangani berita acara hasil rapat pleno penetapan calon terpilih di kantor wali nagari itu, Senin (4/11) malam. (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Darma Ira Putra kembali terpilih sebagai Wali Nagari Lubukbasungdengan meraih 3.127 suara dan menyisihkan empat calon lainnya pada Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Senin (4/11).

Ketua Panitia Pilwana Lubukbasung, Zarfinus Makmur di Lubukbasung, Selasa, mengatakan Darma Ira Putra yang juga petahana memperoleh suara terbanyak dari lima calon wali nagari yang bertarung.

Calon yang meraih suara terbanyak kedua atas nama David Richard Zomi dengan memperoleh 2.357 suara, disusul oleh Syafruddin dengan memperoleh 1.325 suara, Yanto memperoleh 846 suara dan Yaldi Antoni 554 suara.

"Partisipasi pemilih yang memberikan hak pilih pada Pilwana 8.214 dari 29.030 daftar pemilih tetap atau 28,29 persen," katanya.

Calon dengan nomor urut lima itu telah dietapkan sebagai peraih suara terbanyak dan calon terpilih pada Pilwana Lubukbasung saat rapat pleno penetapan calon terpilih pada Senin (4/11) malam.

Setelah itu, panitia Pilwana Lubukbasung akan mengajukan hasil rapat pleno terebut ke panitia Pilwana kabupaten.

"Ini tahapan Pilwana dan kita menunggu pelantikan wali nagari terpilih," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Agam, Wahyu Bestari mengatakan pelantikan wali nagari bakal dilakukan secara serentak pada 23 Desember 2019.

"Pilwana di Agam diikuti 29 nagari dan pelaksanaan dilakukan secara bertahap dengan sistem e-voting," katanya.

Tahap pertama Senin (4/11) untuk dua nagari, tahap kedua pada Kamis (7/11) untuk empat nagari, tahap ketiga pada Senin (11/11) untuk tujuh nagari.

Sedangkan Pilwana tahap empat pada Kamis (14/11) untuk delapan nagari, tahap lima pada Selasa (19/11) untuk lima nagari dan enam pada Senin (25/11) untuk tiga nagari. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar