Unik, gelar pemilihan wali nagari para calon diarak keliling kampung

id berita agam, berita sumbar,pemilihan wali nagari,struktur wali nagari,perangkat wali nagari,perda tentang pemilihan wali nagari.,struktur pemerintahan

Unik, gelar pemilihan wali nagari para calon diarak keliling kampung

Salah seorang Calon Wali Nagari Kampuang Tangah, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam sedang melambaikan tangannya, Sabtu (2/11). (Antara/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Panitia Pemilihan Wali Nagari Kampuang Tangah, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan kampanye dengan cara mengarak seluruh calon dalam memperkenalkan mereka untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Panitia Kampanye Kampuang Tangah, Mulyadi Koto di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan arak-arakan itu menggunakan kendaraan roda empat dan dua.

"Kegiatan itu mengelilingi Nagari Kampuang Tangah dengan star di kantor wali nagari dan finis di Rimbo Kumayan," katanya.

Ia mengatakan, setiap kendaraan dihiasi dengan gambar para calo wali nagari dan ke lima wali nagari itu berada di atas mobil dengan menyapa warga yang ada sepanjang jalan.

Lima wali nagari itu atas nama Anasrul dengan nomor urut satu, Gusri Mulyadi nomor urut dua, Indra Seven nomor urut tiga, Yulianita nomor urut empat dan Martias nomor urut lima.

"Ini masa kampanye terakhir dan setelah itu masuk minggu tenang sampai hari pemilihan pada 7 November 2019," katanya.

Ia mengakui arak-arakan itu merupakan agenda setiap Pilwana di daerah itu dalam memperkenalkan calon untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Dengan cara itu, pihaknya berharap partisipasi pemilih mencapai 99 persen saat Pilwana.

"Pemilih di Nagari Kampuang Tangah sebanyak 4.000 orang dan ini berdasarkan pemilih pada Pemilu 2019," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Pemerintahan NagariZulkarnaini menambahkan Pilwana serentak itu diikuti 29 nagari tersebar 14 dari 16 kecamatan.

"118 calon wali nagari yang maju pada Pilwana serentak itu," katanya.

Pemungutan suara dilakukan selama enam tahap. Tahap pertama pada 4 November 2019, tahap ke dua pada 7 November 2019, tahap ke tiga 11 November 2019, tahap ke empat 14 November 2019, tahap ke lima 19 November 2019 dan tahap ke enam 25 November 2019.

Pemungutan suara itu dilakukan secara bertahap akibat peralatan e-voting hanya ada 59 unit.

"Pelantikan akan dilakukan pada 23 Desember 2019," katanya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar