Penampilan kesenian anak Pariaman pukau penonton pembukaan TdS 2019

id TdS 2019, etape 1, sumbarrancak, padang

Penampilan kesenian anak Pariaman pukau penonton pembukaan TdS 2019

Sejumlah anak Kota Pariaman, Sumbar menampilkan kesenian setempat pada pembukaan TdS di Pantai Gandoriah, Pariaman, Jumat malam. (ANTARA /Aadiaat M. S)

Pariaman (ANTARA) - Penampilan kesenian dari puluhan anak dari sanggar tari Anggun Nan Tongga, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) memukau penonton pada pembukaan Tour de Singkarak (TdS) 2019 yang dilaksanakan di Pantai Gandoriah kota setempat.

Ada sejumlah kesenian yang dimainkan oleh anak usia kisaran 10 hingga belasan tahun itu di antaranya gandang tansa, indang, dan tarian dalam randai dalam kegiatan di Pariaman, Jumat

Nyanyian pengiring tarian dalam penampilan sekitar 13 menit itu lebih menekankan pada potensi wisata dan kuliner unggulan Kota Pariaman yaitu Tabuik dan Sala Lauak.

Penampilan tersebut membuat penonton mengabadikannya dengan telepon pintar yang dimiliki.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan TdS merupakan even internasional yang dapat meningkatkan promosi wisata.

Untuk itu sebagai daerah yang memiliki banyak kesenian dan kebudayaan, lanjutnya maka even tersebut dapat dimanfaatkan untuk mempromosikannya ke tingkat dunia.

"Tidak hanya itu, warga Pariaman juga ramah dan makanannya atau pun oleh-oleh di sini juga banyak tersedia," kata dia saat sambutan pada pembukaan TdS di Pariaman, Jumat.

Ia berharap tahun depan seluruh atlet dan official pada TdS menginap di Kota Pariaman agar dampak ekonomi lebih besar dirasakan oleh warga di daerah itu.

"Sekarang ada yang menginap, tapi tidak semua. Harapannya tahun depan semuanya," katanya.

Sebelumnya

Pemerintah Kota Pariaman menyiapkan hiburan berupa kesenian tradisional untuk menghibur sekaligus memperkenalkan kebudayaan daerah itu kepada para tamu saat pembukaan Tour de Singkarak (TdS) 2019 yang dijadwalkan pada Jumat malam (1/11).

"Tujuan TdS pada dasarnya untuk mempromosikan wisata di Sumbar, jadi hal ini kami manfaatkan untuk promosi apa yang dimiliki di Pariaman," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan kesenian tersebut tidak saja ditampilkan pada pembukaan TdS, namun juga start etape I perlombaan balap sepeda tersebut pada Sabtu (2/11).

Ia menyampaikan pembukaan dan start perlombaan tersebut diselenggarakan di Pantai Gandoriah yang diharapkan dapat mendongkrak promosi objek wisata di Pariaman dengan maksimal.
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar