Siswi Pariaman wakili Sumbar ikuti lomba tahfiz Al-Quran tingkat nasional di Makasar

id berita pendidikan,berita pariaman,SMPN 2 Pariaman,berita sumbar

Siswi Pariaman wakili Sumbar ikuti lomba tahfiz Al-Quran tingkat nasional di Makasar

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Hertati Taher. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S.)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Siswi kelas dua SMPN 2 Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Siti Nur Ahlina Mardiyah Azhar mewakili provinsi itu mengikuti lomba tahfiz Al-Quran untuk tiga juz tingkat nasional yang dilaksanakan di Makasar pada 9 sampai 14 Oktober.

"Terpilihnya siswi ini setelah mengikuti seleksi tingkat provinsi sekitar satu bulan yang lalu ," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Hertati Taher di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan terpilihnya siswi tersebut tidak terlepas dari program keagamaan Pemerintah Kota Pariaman yaitu membuat kelas tahfiz secara umum dan khusus di sekolah di Pariaman.

Ia menjelaskan kelas tahfiz umum yaitu seluruh siswa diwajibkan hafal Al-Quran minimal juz 30 dengan tujuan setiap siswa di daerah itu bisa menjadi imam shalat yang mana pertemuannya pada jam pelajaran.

Sedangkan kelas tahfiz secara khusus, lanjutnya yaitu bagi siswa yang ingin memperbanyak dan memperdalam hafalan Al-Qurannya maka dapat mengambil kelas khusus yang mana jam pertemuanya di luar jam proses belajar mengajar.

"Jadi Siti ini mengikuti kelas tahfiz khusus atau program pengembangan diri yang dilaksanakan di sekolah," katanya.

Ia menyampaikan guru tahfiz tersebut didatangkan khusus yang mana operasionalnya diambil dari dana operasional sekolah, namun nantinya dananya akan diambil dari APBD Kota Pariaman melalui program satu desa satu penyuluh agama.

"Tahun depan program satu desa satu penyuluh agama ini akan diterapkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Pariaman Wismardi mengatakan saat ini jumlah siswa yang mengikuti kelas tahfiz khusus di sekolah itu berjumlah 25 siswa yang mana jumlah hafalannya sudah ada sampai 4 juz.

"Kelas khusus dilaksanakan di luar jam pelajaran sedangkan kelas umum dilaksanakan setiap Sabtu mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB," kata dia.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar