Kadis Pendidikan Sumbar di Pesisir Selatan : Dukungan semua pihak maksimalkan Pesantren Ramadhan

id Kadis

Kadis Pendidikan Sumbar di Pesisir Selatan : Dukungan semua pihak maksimalkan Pesantren Ramadhan

Kadis Pendidikan Sumbar, Barlius di Pesisir Selatan, Sabtu (31/3). (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius menyebut dukungan dari semua pihak di daerah bisa memaksimalkan Pesantren Ramadhan 1445 Hijriah yang digelar pada 5000 masjid.

"Pesantren Ramadhan bertujuan untuk penguatan karakter generasi muda sebagai persiapan menghadapi bonus demografi Tahun 2045. Dengan dukungan semua pihak pelaksanaannya bisa lebih maksimal," katanya di Painan, Sabtu.

Ia mengatakan itu saat mewakili Gubernur melaksanakan Safari Ramadhan ke Masjid Baiturrahim, Nagari Pasa Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Sabtu malam.

Menurutnya, penguatan karakter generasi muda itu harus dimulai sejak dini di bangku sekolah. Karena itu Pemprov Sumbar menggagas program Pesantren Ramadhan dari 15 Maret hingga 4 April 2024.

Barlius mengatakan, pada Tahun 2024 ini jumlah siswa SMA dan SMK yang mengikuti kegiatan pesantren ramadhan sebanyak 240.046 orang dengan lokasi pelaksanaan tersebar pada 5.000 masjid di seluruh Sumbar.

Mengingat besarnya jumlah peserta agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai harapan tentu pihaknya butuh dukungan dari seluruh pihak. Jangan sampai, momentum itu hanya menjadi kegiatan seremonial yang tidak berdampak positif untuk penguatan karakter siswa.

"Efektivitas kegiatan itu, akan sangat bergantung kepada kepedulian kita semua. Karena tanggung jawab pembinaan itu tidak hanya ada pada Pemerintah tapi juga ada pada masyarakat dan keluarga," katanya.

Dalam kesempatan itu, Barlius juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Baiturrahim sebesar Rp50 juta, ditambah bantuan dari Bank Nagari, Jamkrida, serta bantuan lainnya dari lingkup OPD Pemprov Sumbar.

Turur hadir dalam rombongan TSR Pemprov Sumbar di Masjid Baiturrahim, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumbar, jajaran Kepala OPD dan Kepala Biro di Lingkup Pemprov Sumbar, pimpinan BUMD dan BUMN, Pimpinan TVRI Sumbar dan Pimpinan KPID Sumbar. *