Perawat di Padang Panjang sosialisasi bahaya kabut asap sambil bagikan masker

id perawat bagikan masker di padang panjang,berita padang panjang,padang panjang terkini,berita sumbar

Perawat di Padang Panjang sosialisasi bahaya kabut asap sambil bagikan masker

Perawat di Padang Panjang membagikan masker dan sosialisasi bahaya kabut asap pada warga setempat. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (ANTARA) - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Padang Panjang, Sumatera Barat membagikan masker sekaligus menyosialisasikan bahaya kabut asap pada masyarakat daerah setempat.

Bagi-bagi masker dilakukan oleh 30 orang perawat pada Selasa pagi di beberapa lokasi yakni di Simpang PDAM, simpang gedung M Syafei, Pasar Pusat serta dibagikan juga untuk para pedagang kaki lima.

Ketua PPNI Padang Panjang Ade Devita di Padang Panjang, Selasa, mengatakan saat membagikan masker para perawat sekaligus mengenalkan pada warga bahaya dan dampak dari udara tidak sehat serta langkah untuk melindungi diri dari bahaya tersebut.

"Kami bagikan pamflet tentang cara menggunakan masker yang benar. Langkah ini salah satu upaya untuk melindungi kesehatan kita," katanya.

Kemudian pihaknya juga memberikan kiat untuk menjaga tubuh tetap sehat meski dalam kondisi udara tidak sehat dengan cara disiplin menerapkan perilaku hidup bersih, banyak aminum air putih dan menutup celah rumah atau ventilasi dengan kain basah.

"Sedapat mungkin aktivitas di luar rumah dikurangi namun jika memang harus keluar rumah pakailah masker," katanya.

Langkah selanjutnya yaitu tidak merokok karena rokok dapat memperburuk kondisi kesehatan, banyak konsumsi buah dan sayur serta mengonsumsi makanan yang sudah dicuci dan dimasak dengan baik.

"Jika mengalami keluhan seperti kesulitan bernafas atau gangguan kesehatan lainnya sebaiknya segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan penanganan segera," ujarnya. (*)