Inovasi Babinkamtibmas Polres Agam Buka Lahan Tidur untuk pertanian

id berita agam, berita terkini, berita sumbar, babinkantibmas

Inovasi Babinkamtibmas Polres Agam Buka Lahan Tidur untuk pertanian

Babinkamtibmas Nagari Sipinang, Bripka Andre Gusman sedang memanen padi di Kampuang Tabung, Nagari Sipinang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. (Antara/istimewa)

Lubukbasung, (ANTARA) - Bintara Pembina Kamtibmas (Babinkamtibmas) Polres Agam, Sumatera Barat membuka lahan tidur seluas tiga hektare yang digunakan untuk menanam padi dan hasilnya membantu keluarga kurang mampu dan merenovasi masjid.

Babinkamtibmas Nagari Sipinang, Bripka Andre Gusman di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan lahan tidur telah dibuka seluas 1,5 hektare di Kampuang Tabu satu hektare dan Paraman 0,5 hektare.

Lahan di Kampuang Tabu, telah selesai dibuka dan sudah ditanam padi.

"Padi tersebut sudah panen dengan hasil sekitar 660 kilogram dan setelah dijual dengan pendapatan Rp4 juta. Hasil penjualan diserahkan kepada dua keluarga kurang mampu dan kas pemuda," katanya.

Sementara lahan di Paraman, tambahnya, sedang proses pembukaan lahan dan selesai 0,5 hektare dari target dua hektare.

Buka lahan tidur itu melibatkan warga sekitar dan diharapkan beberapa minggu ke depan, lahan selesai dibuka.

"Setelah dibuka, kita akan menanam padi dan hasil penjualan nantinya akan digunakan untuk merenovasi Masjid Baitul Rahman Paraman," katanya.

Ia mengatakan membuka lahan tidur itu berawal dari inovasi yang akan dilakukan dalam membantu masyarakat kurang mampu di daerah itu, karena Babinkantibmas lain telah melakukan program di wilayah kerja mereka.

Pihaknya tidak mungkin mencontoh inovasi Babinkamtibas lain dan harus menciptakan sendiri.

Di dalam perjalanan, Andre melihat lahan pertanian banyak yang tidak di olah pemiliknya.

Sementara sumber air cukup banyak di daerah itu, sehingga pihaknya berusaha untuk melakukan koordinasi dengan tokoh adat.

"Tokoh adat menyetujui dan lahan tersebut saya buka dengan cara gotong royong dengan warga sekitar dan seluruh biaya mulai dari pembukaan lahan sampai pemupukan dari gaji saya," katanya.

Ke depan, pihaknya akan melahirkan berbagai inovasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerja, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. (*)

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar