Antisipasi bahaya kabut asap, BPBD Kota Solok bagikan masker gratis kepada pengendara

id bagikan masker,berita solok,solok terkini,bpbd solok,berita sumbar,sumbar terkini,solok today

Petugas BPBD Kota Solok membagikan masker gratis ke masyarakat. (Ist)

Solok, (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, Sumatera Barat membagikan masker gratis pada masyarakat sebagai langkah antisipasi bahaya kesehatan dari kabut asap yang menyelimuti daerah setempat.

"Kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Lingkungan Hidup, kemudian membagikan masker gratis ke masyarakat di beberapa titik, seperti di depan Kantor Balai Kota Solok, depan Puskesmas Tumbang dan Pasar Raya," kata Kepala BPBD Kota Solok, Kenfilka di Solok, Jumat.

Udara yang berkabut karena terpapar asap kiriman sudah terlihat sejak beberapa hari terakhir, meskipunkondisinyadinilai masih belum membahayakan.

Walaupun begitu masyarakat diminta berhati-hati dan waspada saat beraktivitas di luar ruangan dengan memakai masker dan pelindung wajah.

Ia juga telah mengajukan surat edaran yang sedang ditunggu pengesahannya dari Wali Kota Solok berupa imbauan agar masyarakat mengenakan masker ketika berada di luar ruangan agar terhindar dari masalah pernafasan.

Pihaknya juga dibantu PMI membagikan masker kepada para siswa di sekolah-sekolah setempat.

Sementara Dinas Lingkungan Hidup setempat memang belum mengukur tingkat tercemarnya udara. Tapi menurut Global Atmosfir Wacth (GAW) Bukittinggitelah termasuk polusi udara atau kualitas udara buruk, walau belum membahayakan.

Pihaknya akan terus memantau keadaan di lapangan, dan memberikan sosialisasi ke masyarakat agar menjaga kesehatan dan keselamatan selama beraktivitas di luar ruangan.

Ia berharap masyarakat lebih peka terhadap perubahan udara sehingga dapat mengantisipasi hal-hal yang buruk yang dapat terjadi. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar