Pemkab Agam keluarkan surat edaran gunakan masker antisipasi ISPA

id Pemkab Agam,Berita agam,Berita sumbar

Pemkab Agam keluarkan surat edaran gunakan masker antisipasi ISPA

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam Isra. Dok Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengeluarkan surat edaran untuk mengimbau warga sekolah menggunakan masker antisipasi Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), akibat meningkatnya kabut asap di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam Isra di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan Surat Edaran dengan Nomor 421/2824/Disdikbud-2023 tentang Imbauan Penggunaan Masker.

"Surat edaran itu dikeluarkan setelah semakin meningkatnya kabut asap di wilayah Agam," katanya.

Ia mengatakan, terdapat tiga poin dalam surat edaran itu diantaranya, mengimbau guru, murid dan tenaga kependidikan agar menggunakan masker ketika berada atau melakukan aktivitas di luar ruangan.

Kemudian, mengingatkan warga sekolah untuk mengurangi aktivitas kegiatan luar kelas serta mengingatkan warga sekolah untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Penggunaan masker ini penting untuk mencegah penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

"Ini dalam mencegah penyakit ISPA melanda siswa di daerah itu," katanya.

Ia menambahkan, kepada koordinator unit kerja, kepala sekolah Paud, SD dan SMP serta penyelenggara SKB dan PKBM untuk meneruskan imbauan kepada seluruh pihak sesuai edaran yang diberikan.

Kepada anak didik untuk membawa dan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh meningkat.

“Perbanyak minum air putih serta mengonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap kondisi saat ini,” katanya.