Koperasi Cupak Tangah jadi KSPPS Terbaik di Kota Padang 2019

id koperasi

Koperasi Cupak Tangah jadi KSPPS Terbaik di Kota Padang 2019

Pengelola KSPPS Cupak Tangah (paling kiri) usai menerima penghargaan KSPPS terbaik Kota Padang 2019. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Koperasi Kelurahan Cupak Tangah Kecamatan Pauh menjadi yang terbaik di Kota Padang untuk kategori Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) pada 2019. Koperasi itu menyisihkan KSPPS Tanjuang Sabah Pitameh Nan XX pada peringkat II dan KSPPS Pasar Ambacang pada peringkat III.

Atas prestasi itu KSPPS Cupak Tangah menerima tabungan dan piala bergilir Wali Kota yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Amasrul, Selasa (3/9).

Wali Kota Padang melalui Sekretaris Daerah Amasrul mengatakan pengurus koperasi harus berbenah menyongsong era revolusi industri 4.0. Tekhnologi berbasis digital menjadi salah satu ciri dari era itu.

Ia menyebut transformasi menjadi koperasi yang lebih baik kadang terkendala oleh mental dari pengurus koperasi itu sendiri. Ia berharap hal itu tidak terjadi di Kota Padang.

Saat ini menurut data Dinas Koperasi Padang, terdapat 725 koperasi di daerah itu dengan rincian 470 unit aktif dan 255 unit tidak aktif. Sayangnya dari koperasi yang aktif itu, tidak semuanya yang melaksanakan RAT.

Berdasarkan data itu jumlah keanggotaan koperasi di Kota Padang mencapai 209.699 orang dengan aset mencapai Rp1,3 triliun.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang, Syuhandra mengatakan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 tahun 2019 bertujuan untuk merekatkan tali silaturahim antara seluruh komponen yang bergerak di bidang koperasi, sekaligus menumbuhkan semangat berkoperasi.

Untuk memeriahkan peringatan itu digelar beberapa lomba diantaranya penilaian koperasi berprestasi, KSPPS berprestasi, KSP berprestasi, lomba tangkas terampil antara pengurus koperasi, lomba MTQ dan Dai, serta ada pula pameran produk koperasi dan UMKM.

Pengelola KSPPS Cupak Tangah Rona Meiga Fitria didampingi Harmaini, menyebut selain menjadi KSPPS berprestasi, koperasi itu juga meraih juara I Lomba MTQ Putra.

"Semua ini berkat kerja keras dan dukungan dari semua pihak. lurah, pengurus, pengawas, pendamping, pengelola lama dan yang baru serta masyarakat kelurahan Cupak Tangah," katanya.

Ia berharap koperasi itu bisa terus berkembang dan terus memberikan kebaikan bagi masyarakat setempat.(*)