Pembangunan Lubukbasung sebagai ibu kota kabupaten jadi prioritas, kata Bupati Agam

id Indra Catri

Pembangunan Lubukbasung sebagai ibu kota kabupaten jadi prioritas, kata Bupati Agam

Bupati Agam Indra Catri bertindak sebagai irup upacara memperingati 26 tahun Lubukbasung sebagai ibukota kabupaten di halaman kantor bupati itu, Jumat (19/7). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat Indra Catri mengatakan, pembangunan Kecamatan Lubukbasung sebagai ibukota kabupaten tetap menjadi salah satu prioritas utama dalam program pembangunan di daerah itu.

"Selaku pemerintah kami akan selalu memberikan dukungan optimal terhadap perkembangan Lubukbasung ke depan,” katanya saat upacara memperingati 26 tahun Lubukbasung sebagai ibukota kabupaten di halaman kantor bupati itu, Jumat.

Diakui bupati, pembangunan Lubukbasung mungkin belum mencakup keseluruhan wilayah dan Ini dikarenakan wilayah Lubukbasung yang sangat luas.

Namun proses pembangunan yang telah berhasil dilaksanakan, belum akan berhenti dan akan terus dilanjutkan untuk menjadikan Lubukbasung sebagai ibukota ideal.

Dalam segi infrastruktur, tambahnya, selama tiga tahun terakhir ini Lubukbasung sudah banyak mengalami perubahan melalui sentuhan pembangunan yang inovatif dan kreatif.

Tercatat hampir 100 kilometer jalan yang dibangun ataupun ditingkatkan kualitasnya.

Selain itu penataan zona perkantoran dengan pola super blok, pembangunan rusunawa, pembangunan dan pengembangan Sport Centre.

Perbaikan Mesjid Agung Nurul Falah yang telah menjadi ikon dari Kabupaten Agam yang madani serta pembangunan jaringan irigasi untuk pertanian bagi petani di Lubukbasung.

“26 tahun masa yang cukup panjang, namun relatif pendek jika dibandingkan dengan usia kota-kota yang lain. Namun perkembangan Lubukbasung sebagai Ibukota Agam pada masa yang relatif pendek itu sangat pesat,” katanya.

Upacara peringatan perpindahan ibukota ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Forkopimda Agam, tokoh adat, bundo kanduang, kepala OPD, ASN Pemkab Agam dan pelaku sejarah perpindahan ibukota.

Setelah upacara, dilanjutkan makan bajamba di rumah dinas bupati. (*)