Baznas Agam tebar hewan kurban ke daerah pelosok

id Baznas Agam,Tebar Kurban,Idul Adha,Hewan Kurban

Amil Pelaksana Baznas Agam, Dodi Mulya Putra sedang menyerahkan sapi untuk dipotong warga Tandikek, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampeknagari, pada Idul Adha tahun laku. (Antara Sumbar/Istimewa)

Lubukbasung (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menghimpun hewan kurban yang akan disembelih saat Idul Adha 1440 Hijriah di daerah pelosok agar daging tidak menumpuk di pusat kecamatan.

Wakil Ketua Baznas Agam, Abdul Aziz didampingi Amil Pelaksana Baznas Agam, Dodi Mulya Putra di Lubukbasung, Jumat, mengatakan Program Tebar Kurban ke pelosok itu menghimpun hewan kurban dari masyarakat umum, aparatur sipil negara dan perantau.

"Kita telah menyebarkan brosur ke masyarakat, OPD dan perantau untuk menawarkan agar mereka berkurban ke Baznas setempat," katanya.

Ia menambahkan, pendaftaran peserta kurban telah dibuka dan berakhir menjelang Idul Adha dengan biaya Rp2,5 juta per orang.

Saat ini, tambahnya, sudah ada satu orang yang telah mendaftar.

"Dari pengalaman tahun sebelumnya peserta banyak mendaftar beberapa hari Idul Adha," katanya.

Hewan kurban yang telah terkumpul itu akan disebar ke daerah pelosok yang tidak pernah menyembelih atau sedikit menyembelih hewan kurban, sesuai dengan surat permohonan masyarakat, pengurus masjid dan mushala.

Sedangkan lokasi penyembelihan hewan kurban tahun ini masih sedang dihimpun oleh petugas di kecamatan.

"Apabila sudah ada permohonan, tim akan turun ke lokasi untuk memastikan layak atau tidak layak daerah tersebut mendapatkan program itu dan lokasi itu akan ditetapkan oleh pimpinan Baznas Agam," ujarnya.

Ia menambahkan, program itu telah dimulai sejak 2008 sampai tahun ini dengan tujuan agar daging tidak menumpuk di pusat kecamatan.

Sementara masyarakat di daerah pelosok tidak mendapatkan daging kurban.

"Ini dalam rangka pemerataan daging kurban saat Idul Adha agar masyarakat pelosok dapat menikmati daging kurban," tegasnya

Pada 2018, jumlah peserta kurban yang dihimpun Baznas sebanyak delapan orang atau satu ekor sapi dan satu kambing.

Satu ekor sapi itu disalurkan di Tandikek, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampeknagari. Sedangkan satu ekor kambing disalurkan di Panti Asuhan Aisyiyah Silareh Aia, Kecamatan Palembayan. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar