Kunjungan wisatawan ke Agam pada libur Lebaran berkurang 46.021 orang

id Kunjungan wisata Agam,Pariwisata Agam,Libur Lebaran

Wisatawan sedang menikmati keindahan Objek Wisata Lawang Park, Kabupaten Agam. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyatakan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu saat libur Idul Fitri berkurang 46.021 orang dari 204.217 orang pada 2018 menjadi 158.776 orang 2019.

"Kunjungan ini berkurang sekitar 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Erniwati di dampingi Kepala Seksi Promosi dan Pemasyaran Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Metrizon di Lubukbasung, Rabu.

Ia mengatakan kunjungan itu berdasarkan data yang diperoleh dari petugas Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat di 19 objek wisata semenjak 5-9 Juni 2019.

Ke 19 objek wisata itu seperti, Objek Wisata Bandar Mutiara, Pantai Tiku, Lubas Wisata, Lembah Segar, Muko-muko, Museum Buya Hamka, Ambun Tanai, Lawang Park, Puncak Lawang dan lainnya.

"Dari 19 objek wisata itu Objek Wisata Pantai Tiku, Puncak Lawang dan Muko-muko ramai dikunjungi setiap libur Idul Fitri," katanya.

Ia menambahkan, kurangnya jumlah kunjungan ini akibat curah hujan melanda daerah itu setiap sore.

Selain itu objek wisata di berbagai kabupaten dan kota di Sumnbar sudah banyak bemunculan sehingga banyak pilihan mereka untuk berkunjung.

"Seluruh kabupaten dan kota di Sumbar sudah memiliki destinasi wisata," tegasnya.

Selama libur Idul Fitri, tambahnya, tidak ada laporan dari pengunjung terkait adanya pungutan retribusi pakir, harga makanan dan lainnya.

Sebelumnya pihaknya telah memberikan surat imbauan yang diberikan ke pengelola objek wisata dan rumah makan.

"Surat imbauan itu kita sampaikan ke seluruh pengelola objek wisata dan rumah makan sebelum Idul Fitri," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar