Pengunjung objek wisata kebun stroberi Solok ramai saat libur Lebaran

id Objek wisata, kebun stroberi Solok ramai, dikunjungi selama, libur lebaran

Pengunjung objek wisata kebun stroberi Solok ramai saat libur Lebaran

Objek wisata kebun stroberi, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat ramai dikunjungi wusatawan selama libur lebaran 1445 Hijriah (ANTARA/HO-Rahmatul Laila)

Solok (ANTARA) - Pengunjung dari berbagai daerah ramai mendatangi objek wisata Kebun Stroberi, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pemilik objek wisata kebun stroberi Boy Hendra di Alahan Panjang, Sabtu (13/4) mengatakan jumlah pengunjung di hari libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah ini terus mengalami peningkatan.

"Jumlah pengunjung di hari pertama libur Lebaran hingga sekarang terus meningkat. Bahkan per harinya mencapai di atas 500 orang," kata dia.

Boy menyebutkan pengunjung tersebut berasal dari berbagai daerah mulai dari Riau, Jambi, Padang, Kerinci, Kota Solok, Lampung serta masyarakat daerah sekitar dan beberapa daerah lainnya.

"Jumlah pengunjung di tahun ini dengan tahun lalu saya rasa tidak terlalu berbeda, hampir sama banyaknya. Namun tahun ini sedikit agak lebih ramai," kata dia.

Hal itu disebabkan karena objek wisata kebun stroberi terus melakukan berbagai inovasi yang disesuaikan dengan era kekinian untuk meningkatkan daya tarik pengunjung.

"Kami selalu menerima masukan dan saran dari teman terdekat, keluarga, bahkan dari pengunjung untuk melakukan inovasi. Demi kemajuan kebun stroberi ke depannya. Salah satu inovasi saat ini adalah mendatangkan grup band terkenal di Padang, yakni DPLUST," katanya.

Selain itu, saat Ramadhan 1445 Hijriah kebun stroberi juga menjadi tempat pilihan bagi para pengunjung untuk menggelar buka bersama. Dengan menyediakan menu-menu menarik untuk berbuka puasa. Salah satu menu andalannya adalah ayam kremes dan mi rebus.

Boy menyebutkan untuk harga tiket masuk objek wisata ini pun tidak terlalu mahal. Khusus saat libur lebaran ini anak-anak usia tiga sampai 12 tahun cukup membayar Rp10 ribu, sedangkan dewasa Rp15 ribu. Untuk biaya parkir kendaraan motor Rp5 ribu dan mobil Rp10 ribu.

"Kalau di hari biasa anak-anak usia tiga sampai 12 tahun cuma Rp5 ribu dan dewasa Rp10 ribu," katanya.

Lebih lanjut, Boy mengatakan ke depan akan ada inovasi yang lebih baru. Namun kebun stroberi tetap keunggulannya. Ke depan ia akan mengembangkan bibit stroberi.

Menambah fasilitas berupa bangunan pertemuan yang bisa dipakai untuk rapat. Menambah monumen tempat berfoto berupa menara yang bisa melihat danau dan keindahan desa alahan panjang.

Lebih lanjut, ia mengatakan kebun stroberi itu telah dibuka sejak tahun 2019. Berawal dari bercocok tanam sayuran hortikultura berupa bawang, cabai, dan kentang. Kemudian muncul ide dari teman untuk menanam stroberi. Kemudian dibuka objek wisata kebun stroberi.

Menurut dia, salah satu daya tarik bagi wisatawan ketika itu ialah adanya tugu stroberi yang baru saja selesai dibangun. Kemudian tempatnya yang strategis karena tidak jauh dari pinggiran jalan raya di seberang objek wisata Vila Danau Atas.

Di samping itu, pemerintah Kabupaten Solok mengapresiasi para penggiat objek wisata di daerah itu.

Pemkab Solok juga mengajak wisatawan memanfaatkan kesempatan hari libur lebaran untuk menikmati sejumlah objek wisata unggulan yang ada di daerah itu. Termasuk salah satunya objek wisata kebun stroberi.

Sejumlah objek wisata yang direkomendasikan Pemkab Solok untuk dikunjungi wisatawan di antaranya Alahan Panjang Resort, Bukit Cambai, Kebun Stroberi, Pulau Indah, Cinangkiek, Dermaga Danau Singkarak, Danau Talang, Danau Bawah, dan beberapa objek wisata lainnya.