Pesisir Selatan bakal bangun museum di Salido

id Pesisir Selatan bangun museum,Museum di Salido,Hendrajoni

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar /Didi Someldi Putra)

Painan, Sumbar, (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membangun museum di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat melalui dana alokasi khusus, kata Bupati setempat Hendrajoni.

"Dalam minggu ini kami akan menyerahkan proposal pembangunan museum ke pejabat terkait di Jakarta," katanya di Painan, Selasa.

Ia menambahkan penyerahan proposal merupakan langkah lanjutan setelah dirinya menjalin komunikasi terkait rencana tersebut dengan pejabat pusat.

"Semuanya sudah oke, penyerahan itu cuma pelengkap, terakhir pembicaraan saya dengan pejabat pusat ialah perihal menyiapkan tanah sebagai lokasi pembangunan museum dan itu bisa dipenuhi," ungkapnya.

Ia menyebutkan lokasi pembangunan museum bertempat di Salido, Kecamatan IV Jurai, selain dekat dengan ibu kota kabupaten juga berdekatan dengan Pantai Carocok Painan yang merupakan objek wisata andalan daerah setempat.

Setelah museum di resmikan pihaknya berharap keberadaan museum bisa menjadi alternatif liburan bagi wisatawan yang berlibur di Pesisir Selatan.

"Museum tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena akan ada koleksi yang menarik di sana," katanya lagi.

Hal tersebut tidak bisa terlepas dari dua kerajaan besar yang pernah eksis di daerah setempat yakni Indrapura dan Mandeh Rubiah.

Pihaknya meyakini hingga saat ini pusaka dan benda berharga lainnya peninggalan dari kedua kerajaan masih disimpan oleh keturunan kerajaan.

Berikutnya di Kecamatan Lengayang juga terdapat pabrik percetakan uang yang dikenal sebagai "Oeang Lengayang" atau pitih kambang yang eksis sekitar Desember 1948 dan sisa peninggalannya juga akan dipajang di museum tersebut. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar