Pesisir Selatan gelar operasi pasar di 15 titik untuk stabilkan harga

id operasi pasar

Ilustrasi operasi pasar (Antara Sumbar/Igoy El fitra)

Painan, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan menggelar operasi pasar di 15 titik selama Ramadhan 1440 Hijriah.

"15 titik operasi pasar tersebut akan dipusatkan di 15 pasar kecamatan," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan Hendro di Painan, Sabtu.

Kendati demikian, tambahnya tidak menutup kemungkinan operasi pasar akan ditambah tergantung kondisi, penambahannya akan digelar di kecamatan yang jumlah penduduknya lebih banyak dan wilayahnya lebih luas.

"Lengayang, Sutera dan Koto XI Tarusan merupakan kecamatan yang jumlah penduduknya lebih banyak dan lebih luas dibanding kecamatan lain, bisa jadi ada penambahan titik operasi pasar di sana," sebutnya.

Dalam pelaksanaannya kata dia harga kebutuhan yang disediakan dalam kegiatan tersebut tidak otomatis murah namun disesuaikan dengan harga normal.

"Jika otomatis murah tentu akan berdampak kepada pedagang yang ada, namun jika dijual dengan harga normal tentu tidak terlalu berdampak kepada mereka dan diharapkan masyarakat juga terbantu," sebutnya.

Pada operasi pasar tersebut akan dijual beberapa barang kebutuhan pokok mulai dari minyak goreng, gula pasir, daging sapi, telur ayam dan daging ayam.

Khusus dalam penyediaan daging sapi, telur ayam dan daging ayam pihaknya berencana menggandeng Dinas Peternakan dan Kesehatan setempat.

"Selain memiliki akses ke kelompok tani yang akan memasok, upaya menggandeng Dinas Peternakan dan Kesehatan juga dimaksud agar instansi tersebut bisa sekaligus mengecek keamanan bahan yang akan dijual," ungkapnya.

Operasi pasar dimaksud agar harga kebutuhan pokok baik pada saat Ramadhan hingga menjelang lebaran tetap stabil sehingga tidak berdampak negatif terhadap masyarakat luas.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar