Musrenbang RKPD Padang Panjang fokus daya saing berbasis ekonomi kerakyatan

id Musrenbang

Musrenbang RKPD Padang Panjang fokus daya saing berbasis ekonomi kerakyatan

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Padang Panjang untuk 2020. (ist)

Padangpanjang (ANTARA) - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Padang Panjang untuk 2020 mengusung tema "Meningkatkan daya saing daerah berbasis ekonomi kerakyatan".

Acara di buka langsung oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA dan dihadiri oleh Ketua DPRD Dr. Novi Hendri, Forkopimda, Pejabat Sekda Martoni, Sekretaris Bappeda Provinsi Hefdi, dan pejabat selingkungan Pemerintah Kota itu, di Hall Lt. III Balaikota, Sabtu.

Fadly Amran dalam arahannya menyampaikan perencanaan yang dibahas saat ini diharapkan dititikberatkan pada kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan diharapkan untuk menjunjung tinggi keikutsertaan atau partiipasi masyarakat dalam pembangunan itu sendiri, kata Fadly.

Wako juga mengingatkan bahwa pembangunan yang terlihat bukan hanya pada aspek fisik saja tetapi juga berupa mencerdaskan masyarakat. Selain itu untuk penuntasan kemiskinan di Padang Panjang, tegas dia, program yang tetap diprioritaskan.

Sementara Sekretaris Bappeda Sumbar Hefdi mengatakan Musrenbang merupakan proses perencanaan partisipasi dalam rangka keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan daerah.

Ia menjelaskan, ada empat pendekatan dalam perencanaan pembangunan diantaranya dokumen perencanaan disusun sesuai dengan kaedah, norma dan peraturan-peraturan yang telah dibuat oleh Bappeda salah satunya Rancangan Awal RKPD, selanjutnya partisipasi masyarakat, keselarasan pembangunan dari pusat ke daerah, dan yang terakhir bagaimana pembangunan yang diusulkan dapat diselaraskan dan dijabarkan untuk pembangunan lima tahun

ke depan.

Dari empat pendekatan tersebut termasuk pokok-pokok pikiran DPRD yang juga harus diselaraskan dengan sasaran prioritas pembangunan daerah, jadi pokok tersebut tidak terpencar dan selalu terfokus, tambahnya.

Ia mengajak mari sukseskan kegiatan Musrenbang ini, mari dukung, mari usulkan program-program kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai jangan keinginan.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Novi Hendri menyampaikan pokok pikiran yang diusulkan DPRD, prinsipnya sangat sesuai dengan visi dan misi yang diusung wali kota. "Khusus untuk 2020 kami mengutamakan pemberdayaan ekonomi masyarakat," tegasnya.

Terkait untuk pembangunan fisik, Novi memaparkan masih diperlukan pembangunan untuk jalan setapak, sementara untuk pendidikan diharapkan program beasiswa bagi masyarakat miskin yang mesti tetap dilanjutkan.

Sekretaris Bappeda Padangpanjang Welda Yusar menyebutkan pelaksanaan Musrenbang ini diharapkan mampu menyempurnakan usulan dalam pembangunan daerah.

Hasil yang diharapkan yakni untuk menyepakati hasil dan prioritas dari pembangunan daerah, serta menyelaraskan program yang telah disepakati, ujarnya.*
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021