Usulan Musrenbang, Kader PKK ikuti pelatihan public speaking

id Kader PKK padang panjang,Berita sumbar

Usulan Musrenbang, Kader PKK ikuti pelatihan public speaking

Kelurahan Silaing Bawah, bekali kader PKK dengan pelatihan public speaking.

Padang Panjang (ANTARA) - Kemampuan public speaking adalah keterampilan komunikasi yang sangat berharga dan penting dalam kehidupan sehari-hari maupun di berbagai bidang profesional. Seorang yang memiliki kemampuan public speaking yang baik dapat menginspirasi, mempengaruhi, dan menyampaikan pesan dengan jelas kepada audiensnya.

Hal itu disampaikan Camat Padang Panjang Barat, Kota Pasang Panjang, Sumatera Barat, Romi Ar Rahman, S.T, pada Pelatihan Public Speaking, yang digelar Kelurahan Silaing Bawah di aula kantor lurah itu, Rabu (28/2) bagi kader PKK.

Menurut Romi, pelatihan ini sangat berguna bagi ibu-ibu PKK, karena akan berinteraksi dengan orang banyak dan kemampuan public speaking yang baik pasti akan sangat bermanfaat ilmu ini,” kata Romi.

Romi berharap melalui pelatihan ini kader PKK Silaing Bawah, bisa berbicara di depan umum baik pada acara formal maupun nonformal.

Ia menambahkan, kemampuan public speaking yang baik memberikan sejumlah keuntungan, seperti dapat mengatasi kecemasan dan meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan umum.

"Kemampuan ini juga memungkinkan untuk mengomunikasikan ide-ide dengan lebih persuasif, membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain, dan menjadi pemimpin yang efektif," jelas dia.

Sementara itu Lurah Silaing Bawah, Yohannes Alatumahu, S.H. menyebutkan pelatihan public speaking bagi Kader PKK guna meningkatkan kepercayaan diri kader PKK tampil di depan umum.

"Kegiatan ini merupakan usulan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2023 yang dilaksanakan pada 2024 ini dengan menghadirkan narasumber Lelen Sartika Woyla, S.Pd.I yang merupakan pelatih publik speaking dan pernah menjadi MC saat MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2022 lalu di Padang Panjang," jelasnya.

Ia menambahkan kegiatan ini dilaksanakan sejak kemaren Rabu (28/2) dan hari ini Kamis (29/2) diikuti 20 kader PKK Kelurahan Silaiang Bawah.

Adapun materi pelatihan yang diberikan diantaranya MC formal, MC semiformal, latihan komunikasi yang baik kepada masyarakat, teknik public speaking, Latihan membuka rapat dan outbond.