Kemensos kirim Rp355 juta bantu logistik korban gempa Solok Selatan

id Harry Hikmat

 Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Hikmat. (cc)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial mengirimkan bantuan senilai Rp355 juta untuk mendukung pemenuhan logistik korban gempa bumi di Solok Selatan, Sumatera Barat.

"Dukungan logistik bencana sudah dikirimkan sebelumnya untuk 'buffer stok' dan karena gempa terjadi dikirim lagi," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat di Jakarta, Jumat.

Dia merincikan dukungan logistik yang telah dikirimkan sebelumnya yaitu tahap pertama pada 21 Januari 2019 senilai Rp66 juta berupa kasur lipat, mi instan, paket lauk pauk, tenda gulung, makanan anak dan alat dapur umum keluarga.

Pada tahap kedua, dikirimkan pada 20 Februari 2019 berupa kasur lipat, mi instan, lauk pauk, makanan siap saji paket A B C D, tenda gulung, makanan anak, alat dapur umum keluarga senilai Rp53.750.750.

Tahap ketiga pascagempa dikirimkan pada 1 Maret 2019 berupa beras reguler sebanyak 1.206 kg senilai Rp12.392.856. Serta tahap keempat pada hari yang sama berupa veltbed, mi instan, lauk pauk, makanan siap saji ABCD, selimut, sandang, family kit, tenda serbaguna, tenda keluarga serbaguna, tenda serbaguna total senilai Rp222.766.068.

Harry mengatakan, dinas sosial setempat sudah menyalurkan logistik, memasang tenda, membuka dapur umum, dan mengerahkan Tagana.

Sementara dapur umum yang dibuka menyiapkan 476 nasi bungkus, dan enam tenda keluarga serta satu tenda serbaguna baru terpasang.

Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Solok Selatan, lebih dari 343 bangunan rumah rusak dan sedikitnya 48 orang terluka akibat gempa yang terjadi pada Kamis (28/2) tersebut. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar