Baznas Dharmasraya salurkan zakat Rp7,6 miliar

id Baznas Dharmasraya

Baznas Dharmasraya salurkan zakat Rp7,6 miliar

Baznas Dharmasraya. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), akan menyalurkan zakat sebesar Rp7,6 miliar kepada 6.328 mustahik pada 2019.

"Zakat akan disalurkan melalui lima program Baznas," kata Wakil Ketua I Bidang Pendistribusian Dan Pendayagunaan Baznas Dharmasraya, Ridwan Syarif di Pulau Punjung, Senin.

Ia merinci penyaluran zakat melalui lima progam tersebut, diantaranya melaui Dharmasraya Cerdas Rp2,4 miliar, Dharmasraya Sehat Rp450 juta.

Kemudian, Dharmasraya Makmur Rp1 miliar, Dharmasraya Peduli Rp2,3 miliar, dan Dharmasraya Taqwa Rp1,4 miliar, lanjut dia.

"Dari program ini ada 31 kegiatan yang akan dilaksanakan, termasuk di dalamnya bedah rumah, bantuan pendidikan, ekonomi produktif, dan bantuan masyarakat jompo, dan lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan untuk memperoleh bantuan masyarakat dapat mengajukan permohonan kepada Baznas setempat. Permohonan diketahui oleh pemerintah terendah di tempat tinggal mereka.

Setelah itu, lanjut dia Baznas menurunkan tim untuk melakukan verifikasi dari permohonan untuk memastikan apakah mereka layak mendapatkan bantuan tersebut.

"Apabila layak, pengurus melakukan sidang dan setelah itu dana sudah bisa disalurkan kepada pemohon," katanya.

Ia berharap beberapa tahun ke depan mereka menjadi muzaki dan menjadi orang yang memberikan zakat, sebab tujuan dari penyaluran zakat masyarakat bisa keluar dari garis kemiskinan.

Ia menambahkan penerimaan zakatRp7,6 miliar itu berasal dari zakat organisasi perangkat daerah, zakat swasta, dan perorangan, dan saldo tahun 2018. (*)