Pelindo II siapkan SDM untuk otomatisasi operasional pelabuhan

id Pelindo II

Petugas PT Pelindo II mengawasi aktivitas bongkar muat di terminal peti kemas, Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - PT Pelabuhan Indonesia II/IPC (Persero) telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk melakukan operasionalisasi pelabuhan secara otomatisasi.

"Sejak beberapa tahun lalu kami sudah mengirimkan SDM keluar negeri untuk sekolah tentang operasional yang bersifat otomatisasi, dan diharapkan pada 2023 sepenuhnya sudah dikelola oleh IPC," ujar Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Masassya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/2).

Dia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang mengembangkan beberapa terminalnya, seperti Terminal Kontainer 2 dan 3 yang akan diimplementasikan full otomatisasi pada 2023.

"Sesuai perkembangan zaman pada 2023, kami akan melakukan full otomatisasi pengelolaannya, jadi sangat sedikit orang di sana karena semua sudah berbasis pada otomasi," tutur Elvyn.

Dia menambahkan bahwa lewat cara ini pelayanan akan lebih cepat dan biayanya akan lebih murah.

Direktur Utama PT Pelindo II itu juga menegaskan bahwa rencana otomatisasi ini tidak akan mengurangi karyawan, karena pihaknya sudah mempersiapkan konversi agar para karyawan yang terkena imbas otomatisasi tersebut bisa dipekerjakan pada bidang yang berbeda.

Dalam "Sharing Session" bersama media, Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Masassya memaparkan bahwa Pelindo II menargetkan untuk menjadi operator terminal pelabuhan kelas dunia pada 2020.

Selain itu pihaknya juga berencana untuk menjalankan salah satu programnya yakni implementasi "green port" dan "smart port" pada 2020. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar