Dominan masyarakat Pasaman sudah dijamin asuransi kesehatan

id Jkn

Dominan masyarakat Pasaman sudah dijamin asuransi kesehatan

Kakan BPJS Pasaman, Syafruddin menghadiri penyerahan data penduduk untuk UHC dari Dinsos kepada Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. (Ist)

Lubuksikaping (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 303.699 jiwa penduduk Kabupaten Pasaman, dari total 317.520 jiwa penduduk sudah dijamin kesehatannya oleh pemerintah setempat lewat program JKN KIS, terhitung mulai tahun 2019.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman, Syafruddin membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, sampai dengan tahun 2019 jumlah penduduk yang telah memiliki jaminan kesehatan melalui program JKN-KIS di Kabupaten Pasaman sudah mencapai angka 95,65 persen.

"Itu betul. Jadi, jumlah penduduk Pasaman yang sudah dijamin oleh pemerintah Kabupaten Pasaman itu berjumlah 303.699 jiwa, dari total penduduk sebanyak 317.520 jiwa," kata Syafruddin, Kamis.

Atas pencapaian tersebut, kata Syafruddin, Pemerintah Kabupaten Pasaman bakal dianugerahi penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Apresiasi itu diberikan kepada Pemkab Pasaman karena dinilai telah mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage atau cakupan kesehatan semesta untuk penduduk di kabupaten itu," ujarnya.

Secara simbolis penghargaan UHC JKN-KIS tersebut nantinya akan diserahkan langsung oleh Kepala Kedeputian Direksi Wilayah Sumbagteng –Jambi, Siswandi kepada Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, nanti di Lubuksikaping.

"Direncanakan, penghargaan itu akan diserahkan langsung oleh Kepala Kedeputian kepada pak Bupati di halaman Kantor Bupati Pasaman saat apel pagi, Senin nanti," katanya.

Pada kesempatan itu, kata dia, juga akan dilaksanakan penandatanganan naskah perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab Pasaman untuk kepesertaan Jaminanan Kesehatan Masyarakat Pasaman Saiyo (JKMP-Saiyo) sebanyak 21.736 jiwa.

"Dan sebelumnya, pada 1 Januari 2019 juga sudah ditandatangani Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS-Pasaman) sebanyak 65.603 jiwa penduduk," kata Syafruddin.

BPJS Kesehatan, selaku badan yang ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai penyelenggara jaminan kesehatan kepada masyarakat mengapresiasi banyak pihak atas capaian UHC di daerah itu. Tanpa kerjasama yang baik, mustahil target tersebut dapat terwujud.

“Pada kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi, khususnya kepada Pemkab Pasaman, DPRD, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil , Disnaker, Bakeuda dan Dinas terkait lainnya, para Camat dan Walinagari yang telah mendukung dan berjuang keras untuk mewujudkan UHC di Kabupaten Pasaman," ujar Syafruddin.