Langkah Pasaman Barat ciptakan objek wisata yang nyaman

id Objek wisata

Langkah Pasaman Barat ciptakan objek wisata yang nyaman

Sejumlah anak asik bermain di salah satu sarana objek wisata di Pantai Sasak. Tahun ini Pemkab Pasaman Barat secara bertahap akan membenahi fasilitas objek wisata yang ada di daerah itu.

Simpang Empat (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) akan melengkapi fasilitas sarana objek wisata di sejumlah objek wisata yang ada pada 2019.

"Secara bertahap akan kita lengkapi di destinasi wisata Pantai Sasak, Pantai Air Bangis dan objek wisata lainnya," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Devi Irawan di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan diantara fasilitas sarana prasarana yang akan dilengkapi seperi WC, musholla, kelengkapan parkir dan lainnya.

"Kita juga memperoleh Dana Alokasi Khusus senilai Rp1,6 miliar untuk pembenahan fasilitas di Sasak da Air Bangis," ujarnya.

Pihaknya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) juga menganggarkan pembangunan disejumlah objek wisata yang ada selain di Sasak da Air Bangis.

Selain itu juga melakukan pembinaan kelompok sadar wisata, perhotelan dan rumah makan yang ada sebagai sarana penunjang kemajuan wisata yang ada.

"Kita juga melakukan pembinaan desa wisata di daerah Bukit Malintang yang memiliki potensi wisata yang akan dikembangkan kedepannya," sebutnya.

Ia menekankan pentingnya kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang terus dibina. Sebagai upaya menyosialisasikan pentingnya sadar wisata di tengah-tengah masyarakat.

"Pokdarwis ini bertugas melakukan sosialisasi tentang kepariwisataan yang tujuan akhirnya bagaimana masyarakat sekitar berperan memajukan wisata. Jangan ada punguan liar dan memberikan layanan ramah kepada pengunjung," ujarnya.

Ia mengharapkan, dengan adanya gerakan sadar wisata tersebut, akan ada perubahan perilaku masyarakat. Sehingga akan tercipta sapta pesona wisata (aman, tertib, indah, nyaman dan bersih dan kenangan).

Untuk mendukung memajukan wisata juga diperlukan transportasi yang memadai ke lokasi wisata, menjaga kebersihan, dan ada souvenir.

"Secara bertahap akan terus kita benahi sarana objek wisata yang ada. Mudah-mudahan secara berlahan akan dibenahi," sebutnya. (*)