Masyarakat Latina sumbangkan lahan entaskan Payakumbuh dari kota kumuh

id Kota Kumuh,Kota Payakumbuh,Program Kotaku

Program Kotaku di Payakumbuh. (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) – Masyarakat Lamposi Tigo Nagari (Latina) menyumbangkan tanah seluas 1.400 meter persegi kepada Pemkot Payakumbuh untuk mendukung pembangunan jalan di Kota Payakumbuh khususnya untuk mensukseskan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

"Selama program Kotaku tahun 2018, masyarakat Latina memberikan secara sukarela kepada pemerintah seluas 1.400 meter persegi untuk pembangunan jalan," ujar Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat memberikan kata sambutan dalam acara Kotaku di SD Negeri 64 Kota Panjang Padang, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Kamis.

Ketua KAN Lamposi Tigo Nagori, Datuak Patiah Paringeh menuturkan pembebasan lahan secara suka rela oleh masyarakat Latina untuk membantu Pemkot Payakumbuh.

Jika dikalkulasikan dalam rupiah mencapai nilai tanah yang disumbangkan mencapai Rp776 juta.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengapresiasi semangat masyarakat Lamposi Tigo Nagari (Latina) yang membuka diri untuk pembangunan.

“Saya salut dengan masyarakat Latina yang memberikan tanahnya secara sukarela untuk pembangunan jalan. Jika di luar sana, pasti suda heboh untuk meminta ganti rugi,” kata Riza.

Ia juga mengatakan dengan memberikan tanah secara sukarela untuk kepentingan umum ini, membuktikan masyarakat Latina terbuka untuk pembangunan. Pada tahun 2019 Riza berjanjikan akan memfokuskan pembangunan ke Latina.

“Tahun 2019, saya usahakan pembangunan banyak di Latina ini, bukan berarti menganaktirikan daerah lain namun bisa dijadikan pelajaran bagi daerah lain agar membuka diri untuk pembangunan," katanya.

Wali Kota menginginkan pembangunan dan kemajuan Kota Payakumbuh ini juga didukung dari masyarakat itu sendiri.

“Kadang mengurus pembebasan lahan bisa memakan waktu bertahun-tahun. Itu sangat bertentangan dengan visi-misi saya. Dengan adanya upaya masyarakat mempermudah pekerjaan pemerintah, maka pemerintah juga akan mempermudah pembangunan disana,” katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar