Sukses tata kelola pemerintahan, Pesisir Selatan segera terima tiga penghargaan

id hendrajoni

Sukses tata kelola pemerintahan, Pesisir Selatan segera terima tiga penghargaan

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dalam waktu dekat akan menerima tiga penghargaan atas terlaksananya tata kelola pemerintahan yang baik di daerah itu, kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni.

"Penghargaan akan diberikan oleh Ombudsman Republik Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia," kata dia di Painan, Senin.

Ia menjelaskan penghargaan yang diberikan oleh Ombudsman merupakan buah dari tertibnya aparatur pemerintah setempat dalam memenuhi standar pelayanan publik.

Penghargaan sebutnya bakal dijadikan sebagai pendorong agar ke depan aparatur pemerintah lebih maksimal dalam memenuhi standar pelayanan di semua sektor, baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari (desa adat).

Menurut bupati standar pelayanan penting sehingga masyarakat mendapat kepastian ketika mengurus dokumen, mulai dari waktu pelayanan, biaya dan lainnya.

Sementara penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup merupakan buah dari keseriusan pemerintah kabupaten dalam menuntaskan berbagai permasalahan lingkungan.

"Kami intens memperhatikan permasalahan-permasalahan lingkungan serta aktif mencari solusi dari permasalahan itu, dan mendukung penuh berbagai penindakan hukum terhadap oknum yang melakukan pengrusakan," ujarnya.

Hal tersebut sejalan dengan prioritas pengembangan pariwisata, karena akan tidak mungkin pariwisata menggeliat jika lingkungan tidak terjaga dengan baik.

Sementara penghargaan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia merupakan bentuk apresiasi atas kepedulian pihaknya dalam memenuhi hak-hak dasar masyarakat.

"Kami juga intens memenuhi hak dasar masyarakat sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran pemerintah," katanya. (*)