Indra Catri resmi sandang gelar doktor Ilmu Pemerintahan

id Indra Catri,Indra Catri dapat gelar doktor,IPDN

Indra Catri resmi sandang gelar doktor Ilmu Pemerintahan

Bupati Agam Indra Catri menerima ijazah doktor dari Direktur Pascasarjana IPDN Jatinangor Dr Sampara Lukman, Senin (3/12). (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Bupati Agam, Sumatera Barat Indra Catri resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (3/12).

Indra Catri mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul “Analisis Transformasi Tata Kelola Pemerintahan Nagari di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat” di hadapan delapan tim penguji IPDN.

Dalam topik tersebut, Indra Catri meneliti studi kasus eksistensi desa adat dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa akan memberi peluang atau menghadirkan ancaman bagi pelaksanaan tata kelola pemerintahan nagari.

Sidang promosi Doktor Ilmu Pemerintahanan itu digelar sekitar tiga jam. Setelah sidang, Indra Catri dinyatakan lulus denga predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi kumulatif (IPK) 3,82 dan berhak atas titel akademik Doktor Ilmu Pemerintahan.

Indra Catri dinyatakan sebagai Doktor Ilmu Pemerintahan ke-55 di IPDN, dengan peridikat kelulusan cumlaude. Hasil ini menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Kabupaten Agam bahkan Sumbar.

Saat sidang itu, bupati dua periode itu berhasil menjawab dengan lugas dan jelas terkait beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen penguji, sehingga tim penguji memberi apresiasi khusus terhadap kemampuan sosok Indra Catri.

Ijazah Doktor Ilmu Pemerintahan diserahkan Rektor IPDN, diwakili Direktur Pascasarjana sekaligus sebagai promotor Dr Sampara Lukman, disaksikan keluarga dan puluhan tamu sidang antara lain mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar, pamong senior Yohannes Dahlan, Forkopimda Agam, Wabup Agam Trinda Farhan Satria, kepala OPD, camat, tokoh masyarakat, rekan-rekan semasa sekolah dan tamu lainnya.

Direktur Pascasarjana IPDN Jatinangor Dr Sampara Lukman, mengucapkan selamat pada Indra Catri yang telah berhasil raih gelar Doktor di IPDN setelah dapat menyelesaikan disertasi dengan waktu yang singkat selama dua semester.

Disebutkan, sidang ujian terbuka ini merupakan kelanjutan dari proses studi dan bimbingan yang telah dilalui promovendus selama mengikuti Program Pendidikan Doktor Ilmu Pemerintahan.

Naskah disertasi dalam sidang ini merupakan penyempurnaan dari naskah sebelumnya yang sudah dikonsultasikan kembali kepada Tim Promotor dengan memperhatikan bantuan dan saran secara lisan dan tulisan dari Tim Penelaah atau Penguji yang terdiri dari delapan orang penguji.

“Selamat, semoga ilmunya bermanfaat bagi kemajuan nagari di Kabupaten Agam,” ucapnya.

Indra Catri mengutarakan rasa senang dan bangganya dihadapan tim penguji dan tamu undangan, karena telah berhasil meraih gelar doktor ke-55 di IPDN dengan predikat cumlaude.

“Terimakasih pada penguji sekaligus promotor dan instusi IPDN, ini merupakan gelar luar biasa bagi saya,” katanya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan pada orang tua yang selalu mendoakan, begitu juga istri serta anak-anaknya telah bersedia mendampingi menyelesaikan disertasinya.

“Tidak hanya itu, teman-teman saya juga tidak hentinya mensuport dan bantuan Pemkab Agam mulai dari Sekda, OPD dan pegawai juga luar biasa atas raihan gelar ini,” tambahnya. (Rel)