Agam kerahkan mobil pemadam kebakaran bersihkan rumah warga terdampak banjir

id Banjir Agam

Agam kerahkan mobil pemadam kebakaran bersihkan rumah warga terdampak banjir

Anggota Pemadam Kebakaran Satpol PP Damkar Kabupaten Agam, sedang membersihkan lumpur yang menggenangi rumah warga di Ujuang Labuah, Kecamatan Lubukbasung, Senin (22/10). (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan material lumpur yang mengenangi rumah warga di Ujuang Labuah, Kecamatan Lubukbasung, Senin (22/10).

"Mobil pemadam kebakaran ini membersihkan lima unit rumah milik warga di Ujung Labuah, Kecamatan Lubukbasung," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Damkar Agam, Afliwaneri di Lubukbasung, Senin.

Setelah lima unit rumah di Ujung Labuah, anggota pemadam kebakaran dengan jumlah 10 orang juga membersihkan lumpur di Mato Aia, Kecamatan Lubukbasung.

Sebelumnya, satu unit mobil pemadam kebakaran membersihkan material lumpur menimbun badan jalan yang menghubungkan Koto Batu menuju Silayangkan Tinggi, Kecamatan Lubukbasung.

"Ini bertujuan agar korban bisa menempati rumah pascabanjir melanda daerah itu dan melancarkan akses transportasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Wahyu Bestari, menambahkan, saat ini anggota Pusat Pengendalian Operasional Lapangan (Pusdalop) BPBD Agam sedang melakukan pendataan rumah yang terdampak banjir.

Selain itu mendata lahan pertanian yang terendam dan ternak warga yang hilang dibawa arus.

"Kita masih menghimpun rumah yang terdampak dan kerugian akibat banjir disebabkan meluapnya Sungai Talang," katanya. (*)