Agam terima bantuan 10 ribu bibit kelapa

id kelapa,agam

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto. (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, membantu Pemerintah Kabupaten Agam sebanyak 10 ribu bibit kelapa varietas unggul jenis dalam yang akan ditanam di daerah itu pada 2018.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto di Lubukbasung, Minggu, mengatakan 10 ribu bibit kelapa itu telah dibagikan kepada 16 kelompok yang tersebar di Kecamatan Lubukbasung, Tanjungmutiara, Palembayan, Ampeknagari, Malalak dan Palembayan.

"Masing-masing kecamatan memperoleh dua ribu bibit kelapa dan saat ini sudah ditanam di lahan perkebunan milik mereka," katanya.

Ia menambahkan bibit kelapa ini untuk peremajaan kelapa yang sudah tua di daerah itu.

Pihaknya berharap beberapa tahun ke depan peremajaan kelapa sudah tua selesai dilakukan, karena Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar siap membantu bibit kelapa untuk Agam.

Pada 2019, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar akan membantu bibit kelapa seluas 500 hektare untuk Agam.

"Ini janji dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar ," katanya.

Kelapa jenis dalam ini mulai berbuah umur empat tahun dan mulai panen umur lima tahun.

Ukuran buah besar, bentuk buah bulat elips dan bentuk buah tanpa sabut bulat dasar rata dengan warna kulit buah dominan hijau.

Jumlah buah per tandan sebanyak enam butir dengan 12-13 tandan buah per tahun dan tahan terhadap penyakit Phytopthora sp.

"Bibit kelapa ini cocok ditanam di Agam," katanya.

Bantuan itu untuk meningkatkan ekonomi petani karena harga kelapa cukup tinggi di pasaran dengan Rp4.000 per buah.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar