Pemkot Pariaman ajak anggota PKDP berinvestasi di kampung halaman

id Genius Umar

Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar.  (Foto Humas Pariaman)

Khusus Kota Pariaman cukup banyak peluang investasi yang bisa dilirik oleh perantau Pariaman, apalagi keberadaannya juga didukung potensi alam menjanjikan
Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, mengajak anggota Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) di Provinsi Lampung agar berinvestasi membangun kampung halaman.

"Anggota PKDP bisa berperan membangun kampung halaman seperti membangun hotel, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi di Kota Pariaman maupun Kabupaten Padang Pariaman," kata Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar pada kegiatan pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKDP Provinsi Lampung, Senin.

Keberadaan organisasi yang hampir tersebar di setiap provinsi tersebut, harus bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dengan mengajak perantau sukses untuk menanamkan modalnya di Pariaman.

Apalagi ujar dia, Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman dua daerah yang cukup serius dalam mengembangkan wisata alam, bahari, minat khusus sejak beberapa tahun terakhir.

Namun keseriusan dan komitmen pemerintah daerah belum didukung penuh oleh fasilitas pendukung seperti keberadaan hotel berbintang, pusat perbelanjaan modern dan lainnya.

Penginapan dan sarana perbelanjaan modern merupakan beberapa hal yang harus dimiliki setiap daerah apabila ingin memajukan dan mengembangkan sektor pariwisatanya, oleh karena itu pemerintah daerah membutuhkan kepedulian perantau sukses untuk berinvestasi di Pariaman, kata dia.

Kurangnya fasilitas pendukung ujarnya, menyebabkan banyak para wisatawan yang telah datang ke Pariaman memilih menginap dan berbelanja di Kota Padang dan Kota Bukittinggi karena dinilai lebih representatif.

"Khusus Kota Pariaman cukup banyak peluang investasi yang bisa dilirik oleh perantau Pariaman, apalagi keberadaannya juga didukung potensi alam menjanjikan," katanya.

Selain meminta dan mengajak para perantau yang tergabung dalam PKDP se Indonesia, pihaknya menilai keberadaan organisasi tersebut juga bisa menjadi ikon pariwisata.

Ikon pariwisata yang dimaksud ujar dia, setiap anggota PKDP bisa membantu mempopulerkan dan mengenalkan berbagai potensi pariwisata daerah.

Secara umum ia menjelaskan kemajuan sektor pariwisata Kota Pariaman terus mengalami peningkatan signifikan. Hal itu terlihat dari data kunjungan wisatawan pada 2013 sekitar 791.624 jiwa dan mengalami lonjakan pada 2017 hingga tiga juta lebih. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar