Pasar Sungai Limau terendam banjir hingga satu meter (video)

id banjir, sungai limau

Pasar Sungai Limau terendam banjir hingga satu meter (video)

Salah seorang p edagang di Pasar Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar menimba air yang masih merendam kedainya, Minggu (5/8). (ANTARA SUMBAR/ Aadiaat M. S.)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Genangan air luapan Batang Sungai Limau di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat merendam Pasar Sungai Limau yang beroperasi setiap Minggu dengan ketinggian air mulai dari 40 centimeter hingga satu meter.

Akibat genangan tersebut operasional pasar yang biasanya mulai pukul 07.00 WIB tertunda hingga pukul 09.00 WIB yang akhirnya memanfaatkan trotoar.

"Jumat lalu Pasar Sungai Limau juga direndam air namun tidak separah sekarang," kata warga setempat, Ojibek (27) di Sungai Limau, Minggu.

Untuk hari ini, lanjutnya air merendam pasar mulai sekitar pukul 05.55 WIB dan mulai surut sekitar pukul 08.00 WIB.

Warga lainnya, Eri Ritko (44) berharap pemeritah setempat memasang beton penahan di tepi sungai agar hal serupa tidak terjadi kembali.

"Beton itu diperlukan untuk menahan air Batang Sungai Limau apalagi lokasi pasar yang rendah," katanya.

Ia memperkirakan ketinggian air yang merendam pasar tersebut mulai dari 40 centimeter hingga satu meter.

Salah seorang pedagang, Nando (30) mengatakan dirinya masih menutup kedainya karena menurutnya daya beli berkurang karena daerah itu masih diguyur hujan.

Namun sejumlah pedagang lainnya mulai membersihkan kedainya dengan memanfaatkan air sisa luapan Batang Sungai Limau.

Selain merendam pasar, luapan air tersebut juga merendam sebuah masjid dan dua mushala yang berada di dekat pasar tersebut.