KONI Agam seleksi atlet jelang porprov

id KONI Agam

KONI Agam seleksi atlet jelang porprov

Ketua KONI Kabupaten Agam, Zarfinus Makmur sedang memimpin rapat di Aula Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubukbasung, Jumat (27/7). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, segera menyeleksi atlet yang akan membela daerah itu pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XV di Kabupaten Padang Pariaman, menjelang event dua tahunan itu pada November 2018.

Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur di Lubukbasung, Jumat, mengatakan, seleksi itu bakal dilakukan pada awal Agustus 2018. Kegiatan itu dipusatkan di GOR Rang Agam dan sejumlah pusat latihan cabang olahraga itu.

"Kami menargetkan seluruh cabang olahraga selesai seleksi pada Minggu pertama Agustus," katanya saat rapat pengurus KONI dengan cabang olahraga dalam membahas persiapan latihan atlet jelang Porprov di Aula Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubukbasung, Jumat.

Seleksi atlet itu diikuti oleh 18 cabang olahraga yang tidak mengikuti pra Porprov seperti, pencak silat, karate, bola basket, kempo, tarung derajat, sepak takraw, sepak bola, panahan, taekwondo dan lainnya.

Sedangkan 14 cabang lainnya yang tidak melakukan seleksi karena telah mengikuti Pra Porprov. Ke 14 cabang itu seperti, menembak, bilyar, renang, bridge, catur, atletik, tinju, judo, dayung, wushu, softenis, gulat, tenis meja dan lqinnya

"Seleksi ini khusus bagi cabang olahraga yang tidak mengikuti Pra Porprov," katanya.

Saat seleksi nanti, KONI akan menurunkan tim untuk memantau pelaksanaan seleksi yang dilakukan cabang olahraga tersebut.

"Setelah seleksi dilakukan, maka kami sudah mengetahui jumlah kuota atlet yang mengikuti Porprov," tambahnya.

Ia menargetkan perolehan medali kontingen Agam pada Porprov XV ini meningkat pada Porprov sebelumnya.

Pada Porprov di Padang pada 2016, katanya, meraih peringkat tiga besar setelah tuan rumah dan Bukittinggi.

Pada Porprov di Padang, Agam memperoleh medali emas 54 keping, perak 50 keping dan perunggu 58 keping.

Ke 54 medali emas berasal dari angkat berat sebanyak 25 keping, dayung enam keping, pencak silat lima keping, atletik empat keping, gulat tiga keping, tenis meja tiga keping, tarung derajat tiga keping, taekondo dua keping, paralayang satu keping, karate satu keping dan bridge satu keping.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Nasrial berharap atlet yang akan membela daerah itu lebih giat dalam berlatih.

Dengan cara itu, maka target perolehan medali akan tercapai nantinya.

"Ini yang kita harapkan agar target perolehan medali akan tercapai nantinya," katanya. (*)