KONI Agam gelar pemusatan latihan jelang Porprov

id KONI Agam,Porprov Sumbar

Ketua KONI Kabupaten Agam, Zarfinus Makmur (baju coklat) sedang memimpin rapat pengurus di Aula KONI setempat, Kamis (12/7). (ANTARA SUMBAR/iYusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, bakal menggelar pemusatan latihan sebanyak tiga kali bagi atlet daerah itu menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV di Padang Pariaman pada November 2018.

Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur di Lubukbasung, Kamis, mengatakan, pemusatan latihan pertama akan digelar pada Agustus 2018, pemusatan latihan kedua pada September 2018 dan pemusatan latihan terpadu pada Oktober 2018.

Pemusatan latihan itu bakal diikuti oleh ratusan atlet yang akan membela daerah itu pada event dua tahunan.

Atlet membela daerah itu merupakan atlet yang meraih prestasi pada kejuaraan daerah.

"Jumlah kuota atlet yang akan dikirim ke Porprov setelah kita melakukan pertemuan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Agam," katanya.

Pemusatan latihan itu bakal digelar oleh masing-masing cabang olahraga. Sementara lokasi berdasarkan keputusan dari cabang olahraga itu.

Namun pengurus KONI setempat bakal melakukan monitoring pelaksanaan itu.

"Ini untuk memastikan apakah cabang olahraga tersebut melaksanakan pemusatan latihan," katanya.

Pemusatan latihan ini dalam rangka untuk melihat kemampuan atlet menjelang pelaksanaan Porprov.

Bagi kemanpuan atlet yang masih dibawah standar, maka akan ditingkatkan lagi sehingga prestasi daerah itu meningkat dari Porprov di Padang pada 2016 dengan peringkat tiga besar setelah tuan rumah dan Bukittinggi.

Pada Porprov sebelumnya, Agam memperoleh medali emas 54 keping, perak 50 keping dan perunggu 58 keping.

Ke 54 medali emas berasal dari angkat berat sebanyak 25 keping, dayung enam keping, pencak silat lima keping, atletik empat keping, gulat tiga keping, tenis meja tiga keping, tarung derajat tiga keping, taekondo dua keping, paralayang satu keping, karate satu keping dan bridge satu keping.

"Kita berharap perolehan medali pada Porprov nanti meningkat dari tahun sebelumnya," katanya.

Agam akan mengikuti 33 cabang olahraga saat Porprov. Dari 33 cabang olahraga itu, sebanyak 14 cabang olahraga yang telah melakukan pra Porprov dan 19 cabang olahraga lainnya belum melaksanakan pra Porprov. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar