Bupati akui peran media penting dalam pembangunan Pesisir Selatan

id Pesisir Selatan

Suasana pertemuan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dengan rombongan LKBN Antara Biro Sumbar. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Media cetak dan online memiliki keunggulan masing-masing dan saling melengkapi, dari kedua jenis media inilah informasi pembangunan yang sudah, sedang dan akan dikerjakan pemerintah sampai kepada masyarakat
Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Hendrajoni mengakui media massa baik cetak maupun dalam jaringan (media online) berperan penting dalam pembangunan di Pesisir Selatan.

"Media cetak dan online memiliki keunggulan masing-masing dan saling melengkapi, dari dua media inilah informasi pembangunan yang sudah, sedang dan akan dikerjakan pemerintah sampai kepada masyarakat," kata bupati setempat ketika menerima kunjungan perwakilan Perum LKBN Antara Biro Sumatera Barat di Painan, Selasa.

Ia mengatakan penyebarluasan informasi saat ini tidak bisa hanya dilakukan melalui media cetak saja, karena tradisi lama membaca koran oleh sebagian besar masyarakat sudah beralih kepada elektronik.

Informasi oleh sebagian besar masyarakat sudah mengaksesnya lewat telepon pintar atau gawai.

Namun media cetak pun penting untuk sebagian masyarakat yang belum memiliki telepon pintar, atau masyarakat yang berada di daerah-daerah yang belum terjangkau jaringan internet.

Karena itu ia mengapresiasi Perum LKBN Antara yang memberi perhatian pada penyebarluasan informasi Kabupaten Pesisir Selatan dengan pemberitaan kegiatan pemerintahan dan potensi daerah melalui media milik Antara, dan yang tersebar di media pelanggannya.

Pemkab Pesisir Selatan memang sedang giat-giatnya melakukan pembangunan di berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, pariwisata, pembangunan infrastruktur ekonomi melalui pasar kecamatan, dan lainnya.

Seiring dengan tingginya keinginan masyarakat untuk mengetahui perubahan apa saja yang telah dilakukan pemerintah kabupaten, ia berharap pemberitaan oleh Antara terus ditingkatkan.

"Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui perubahan yang terjadi di Pesisir Selatan, ketika diceritakan kepada tokoh-tokoh yang ditemui di provinsi dan nasional mereka malah tercengang, ini menunjukkan bahwa pemberitaan masih harus diperkuat dan ditingkatkan," katanya lagi.

Dalam hal inilah dukungan media sangat dibutuhkan dalam memberi semangat perubahan, serta kritik membangun untuk kemajuan daerah.

Tanpa media, daerah akan sangat jauh tertinggal dan masyarakat tidak mengetahui informasi yang berkembang, katanya.

Sementara itu, pejabat Perum LKBN Antara Biro Sumatera Barat, Siri Antoni menyampaikan komitmen lembaga milik negara itu dalam menyebarluaskan informasi tentang Pesisir Selatan kepada masyarakat, bukan hanya di Sumatera Barat, bahkan hingga ke mancanegara.

Karena memang Kantor Berita Antara ditugaskan oleh pemerintah untuk melaksanakan hal tersebut.

Produk Antara berupa teks berita, foto, TV, percetakan buku, dan lainnya bisa dimanfaatkan lebih maksimal untuk mempublikasikan setiap kegiatan pemerintah daerah.

Ia berharap sinergi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dengan LKBN Antara terus terjalin baik, agar potensi dan jaringan luas yang dimiliki Antara ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah.

Turut hadir dalam pertemuan itu Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Pesisir Selatan Wendi, Kasubag Humas Wildan, dan Kasubag Dokumentasi Yendi.

Dari pihak Perum LKBN Antara Biro Sumbar selain Siri Antoni juga redaktur senior portal antarasumbar.com Mukhlisun, koordinator liputan Ikhwan Wahyudi, fotografer senior Abdul Maril Gafur, dan kontributor Antara Biro Sumbar di Pesisir Selatan Didi Someldi Putra. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar