BMKG prediksi cuaca di Sumbar hujan ringan

id BMKG

BMKG prediksi cuaca di Sumbar hujan ringan

Mendung ilustrasi (Antara Sumbar/Novia harlina .

Padang, (Antaranews Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman, Sumatera Barat memperkirakan kondisi cuaca di sejumlah daerah provinsi setempat hujan ringan tiga hari ke depan.

"Tiga hari ke depan diperkirakan hujan terutama dari siang hingga malam hari," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Tudha Nugraha dihubungi dari Padang, Sabtu.

Menurutnya potensi hujan ringan siang hingga malam di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Limapuluh Kota, Pasaman Barat, Kepulauan Mentawai, Pasaman, Tanah Datar, Pasaman Barat, Kota Padang Panjang, Bukittunggi dan Kabupaten Solok.

Kemudian pihaknya mengeluarkan peringatan dini waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir dan kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Limapuluh kota, dan Solok Selatan.

Oleh sebab itu ia mengimbau masyarakat untuk siap sedia payung dan jas hujan dan hati-hati saat berkendara.

"Masyarakat juga harus mewaspadai jalan yang licin saat berkendara," katanya.

Ia menyebutkan untuk suhu udara pada Juni 2018 yakni minimum 18 derajat celsius dan maksimum mencapai 31derajat celsius pada siang hari.

Terkait cuaca yang cukup sering berubah-ubah pada Juli disebabkan oleh peningkatan suhu muka laut Samudra Hindia menyebabkan penambahan suplai uap air sehingga terjadinya perubahan cuaca dari panas ke hujan terutama pada sore hari.

"Secara umum pada Juli cuaca Sumatera Barat didominasi berawan, namun karena peningkatan suhu, maka saat sore berpotensi terjadi hujan," katanya.

Menurutnya suplai uap air merupakan bahan pembentuk hujan, ketika suhu panas Sumatera Barat maka suplai uap air di Samudra Hindia turut meningkat dan hingga terjadi hujan.

Biasanya, kata dia setelah hujan turun maka cuaca menjadi relatif lebih stabil sebagai proses untuk mengumpulkan uap air kembali hingga cukup menjadikannya hujan.

"Itulah sebabnya pada Juli ini kondisi cuaca Sumatera Barat yang dikategorikan berawan masih terdapat hujan," katanya.

Pihaknya akan memperbaharui informasi jika terjadi perubahan cuaca di darat maupun wilayah perairan. (*)