Pertunjukan wayang semarakkan hari tanpa tembakau sedunia di Padang (video)

id Wayang,Hari Tembakau Sedunia

Pertunjukan wayang semarakkan  hari tanpa tembakau sedunia di Padang (video)

Pertunjukan wayang Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) Warrior menyemarakkan peringatan hari Tanpa Tembakau Sedunia pada 31 Mei 2018 digelar LSM Ruandu Foundation bersama sejumlah organisasi anak di Padang pada Kamis. (ANTARA SUMBAR/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pertunjukan wayang Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) Warrior menyemarakkan peringatan hari Tanpa Tembakau Sedunia pada 31 Mei 2018 digelar LSM Ruandu Foundation bersama sejumlah organisasi anak di Padang pada Kamis.

Pertunjukan wayang yang mengambil kisah tentang perjuangan mewujudkan Padang terbebas dari iklan rokok itu ditampilkan di hadapan ratusan pelajar yang mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan di Masjid Babussalam Padang.

Menurut Manajer Program Ruandu Foundation, Wanda Leksmana pertunjukan wayang digagas oleh FCTC Warrior dalam rangka memberikan dukungan kepada DPRD Padang agar segera menyetujui Perda Kawasan Tanpa Rokok yang tertunda sejak Desember 2017.

Dalam pertunjukan mengisahkan perjuangan para warrior melawan monster yang bernama nikotin yang berupaya merusak udara bersih.

Akhirnya monster nikotin berhasil ditaklukan para warrior dengan bantuan naskah suci yaitu Perda Kawasan Tanpa Rokok.

Sementara salah seorang FCTC Warrior Padang Aufa berharap DPRD Padang segera mengesahkan Perda Kawasan Tanpa Rokok sehingga Padang terbebas dari iklan, promosi dan sponsor rokok.

"Dengan demikian akan lahir generasi muda yang sehat dan berkualitas untuk menjad calon pemimpin masa depan," kata dia.

Pada sisi lain Wanda mengatakan sejak hadirnya perwako Padang nomor 46 tahun 2017 tentang penyelenggaraan reklame sejumlah iklan rokok sudah mulai hilang di lokasi strategis di Padang.

Perwako ini juga membuahkan penghargaan dari Menteri Kesehatan kepada Pemkot Padang yaitu Pastika Awya Pariwara atas kebijakan melarang iklan rokok luar ruang, kata dia.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Padang Defitra Wiguna berharap lewat peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia bisa menggugah kesadaran para perokok untuk mulai meninggalkan kebiasan yang merusak kesehatan tersebut.

Peringatan Hari Tanpa Tembakau sedunia di Padang didukung oleh Gerakan Muda Kota Padang Tolak Jadi Target, Forum Anak Sumbar, Forum Anak Kota Padang, Forum Anak Fatigo dan Youth Generation on Tobacco Control.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan spanduk sebagai dukungan Padang menjadi kota layak anak yang bebas dari iklan, promosi dan sponsor rokok oleh seluruh peserta. (*)