Sutan Riska harap dokter intership tingkatkan pelayanan

id Sutan Riska,Dokter Internship

Bupati Sutan Riska tuanku Kerajaan (tengah) kepala Dinas Kesehatan Rahmadian (dua kiri) berfoto bersama dengan 18 dokter intershi, di Pulau Punjung, Jumat (25/5). (ANTARA SUMBAR/Humas Dharmasraya)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan berharap kehadiran 18 dokter internship dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Pelayanan yang baik sangat diharapkan masyarakat kita, baik itu tenaga medis maupun dokter di rumah sakit," katanya di Pulau Punjung, Jumat.

Menurut dia dengan layanan ramah dan penuh kekeluargaan, dan profesionalitas dari tenaga medis dan dokter tersebut dapat membantu pasien yang sakit cepat sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan setempat, Rahmadian, mengatakan sebanyak 18 dokter internship yang berasal dari berbagai daerah tersebut akan mengabdikan diri selama setahun di daerah itu.

"Mereka akan mengabdi selama delapan bulan di RSUD Sungai Dareh dan empat bulan di Puskesmas. Jadi meraka di Dharmasraya selama satu tahun," katanya.

Ia menjelaskan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia, khususnya di bidang kedokteran.

Program tersebut ditujukan bagi setiap dokter baru yang pada masa pendidikannya menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), sebagai prasyarat untuk registrasi di Konsil Kedokteran Indonesia.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemahiran dan kemandirian kompetensi dokter, pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komperhensif dan mandiri," ungkapnya.

Selama melaksanakan internship di daerah itu, kata dia dokter diwajibkan mengikuti aturan kedinasan yang ada di pemerintah daerah setempat.

"Kita rutin setiap tahunnya menerima dokter internship. Mereka yang akan membantu menyukseskan program pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat diseluruh Indonesia secara profesional," tambahnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar