Ketua DPRD ingatkan HUT tidak sebatas seremonial

id pesisir selatan

Ketua DPRD ingatkan HUT tidak sebatas seremonial

Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat Dedi Rahmanto . Antara Sumbar/Didi Solmedi.

Painan, (Antaranews Sumbar) - Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat Dedi Rahmanto mengingatkan peringatan hari ulang tahun kabupaten setempat yang ke-70 tidak hanya sebatas seremonial namun harus dijadikan sebagai momentum meningkatkan semangat membangun daerah.

"Peringatan HUT ini tidak terlepas dari semangat awal pendirian kabupaten dan kami mendorong pejabat daerah kembali menjemput semangat tersebut dalam melanjutkan pembangunan daerah," kata Dedi usai memimpin sidang paripurna istimewa dalam memperingati hari jadi kabupaten di Painan, Minggu.

Ia menambahkan secara keseluruhan pembangunan pada daerah setempat menunjukkan kemajuan, hal itu terlihat dari pelbagai penghargaan yang diterima mulai dari tata kelola pemerintahan hingga penghargaan kepala daerah secara khusus.

Kendati demikian terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi diantaranya peningkatan kualitas pendidikan.

"Pendidikan merupakan sektor yang mesti dibenahi karena jika pemerintah kabupaten terlena maka 20 tahun ke depan daerah ini akan dipimpin oleh generasi-generasi yang lahir dari pendidikan yang anjlok," katanya.

Hal tersebut ujarnya, tentu akan berdampak terhadap pembangunan daerah ke depan.

"Pendidikan di Pesisir Selatan seperti sebuah rumah, ruang tamu sudah bagus namun terdapat beberapa ruang yang mesti dibenahi seperti kamar dan ruang keluarga," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyampaikan pihaknya berupaya maksimal dalam meningkatkan pembangunan di berbagai sektor.

Selain pariwisata dan ekonomi kerakyatan, pendidikan juga menjadi salah satu sektor yang menjadi fokusnya. Untuk mendongkrak kualitas pendidikan di daerah itu pihaknya telah menunjukkan pejabat untuk menjadi bapak angkat di setiap sekolah.

Sidang paripurna istimewa dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan dihadiri oleh pejabat daerah setempat, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Komisaris Utama BRI, Andrinof A Chaniago dan tokoh masyarakat setempat.