950 peserta ikuti MTQ nasional tingkat Solok

id MTQ

950 peserta ikuti MTQ nasional tingkat Solok

Walikota Solok, Zul Elfian menyampaikan arahannya ketika membuka MTQ ke 38 tingkat Kota Solok. (Antaranews Sumbar/ Tri Asmaini).

Solok, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat kota yang diikuti 950 peserta untuk mencari bibit baru penghafal Al Quran

Wali kota Solok, Zul Elfian di Solok, Jumat berharap MTQ tingkat Kota Solok berjalan lancar dan melahirkan qori dan hafiz Quran terbaik untuk diutus mengikuti MTQ Nasional tingkat Sumbar pada 2019.

Staf ahli Gubenur Sumbar Muhammad Yani juga berharap pelaksanaan MTQ ini dapat memberikan dampak positif kepada peserta dan masyarakat.

"MTQ ini seharusnya dapat mengimplementasikan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Ia menekankan pentingnya masyarakat membudidayakan perilaku keseharaian berlandasan Al Quran sehingga hadir akhlak mulia.

Ia juga berharap Al Quran tidak hanya dihafalkan atau dilafalkan, tapi meresap dalam sikap dan hati para peserta.

"Jangan hanya sebatas dilombakan, hendaknya melekat dalam perilaku keseharian," katanya.

Ia juga berpesan agar juri tidak melakukan kecurangan, sehingga hasil lomba tidak sesuai dengan yang sebenarnya dan tentunya merugikan peserta.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto sekaligus Ketua Pelaksana MTQ ke-38 Kota Solok menyebutkan MTQ diikuti sekitar 950 orang dari 13 kafilah.

"950 orang tersebut akan mengikuti 12 cabang yang diperlombakan dengan beberapa tingkatan," ujarnya.